Share

Berembug Nama Tokoh Wayang Thengul

Bojonegoro (Media Center) – Sepuluh dalang wayang Thengul senior di Bojonegoro tengah membahas nama untuk masing-masing tokoh wayang khas Bojonegoro ini. Kegiatan tersebut mulai dilakukan pada Selasa (17/3/2015) kemarin hingga hari ini, Rabu, (18/3/2015) di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro.

Penentuan nama tokoh Thengul ini ditentukan berdasarkan karakter dan nama yang disepakati oleh para dalang di Bojonegoro.

“Karena biasanya satu karakter wayang bisa dipakai oleh beberapa tokoh, maka penamaan yang selama ini dipakai berbeda,” ujar Imam WS, Kepala Bidang Promosi Pariwisata Disbudpar Bojonegoro, Rabu (18/3/2015).

Penentuan nama tokoh wayang Thengul ini, lanjut Imam, menjadi sebuah cikal bakal atau pakem wayang thengul di Bojonegoro. Diharapkan, nantinya hasil rembug yang akan dibukukan ini bisa menjadi sarana pembelajaran dan promosi potensi wayang Thengul di Bojonegoro.

Sementara itu, Lamiran (70), salah satu dalang wayang thengul di Bojonegoro mengatakan, dalam satu set wayang Thengul terdapat antara 120 hingga 150 karakter wayang. Banyaknya karakter ini lantaran penokohan thengul bisa diaplikasikan untuk melakukan peran di berbagai versi cerita.

“Pakemnya ada enam lakon cerita, tapi bisa juga dimainkan dengan cerita baru yang diinginkan. Misalnya drama pendidikan, kepemimpinan dan lainnya,” jelas pria yang menjadi dalang thengul sejak tahun 1969.(Lya/dwi)

Leave a Comment