Share

Besok Festival Belimbing Ngringinrejo

Pernahkah terbesit dalam benakk kita apa jadinya jika 104 petani belimbing di kawasan agrowisata belimbing di Desa Ngringinrejo memamerkan produk belimbing mereka di festival belimbing yang akan digelar di kawasan agrowisata, Sabtu (1/11) besok. Pastinya pemandangan klasik ini tidak akan anda temukan disemua tempat dan dalam setiap kesempatan.

Bojonegoro (Media Center) – Pernahkah terbesit dalam benakk kita apa jadinya jika 104 petani belimbing di kawasan agrowisata belimbing di Desa Ngringinrejo memamerkan produk belimbing mereka di festival belimbing yang akan digelar di kawasan agrowisata, Sabtu (1/11) besok. Pastinya pemandangan klasik ini tidak akan anda temukan disemua tempat dan dalam setiap kesempatan.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol pemkab Bojonegoro, Hari Kristianto seusai mengikuti rapat evaluasi di rumah dinas pagi tadi. Menurut Kabag Humas, festival belimbing akan diawali dengan penilain kontes belimbing di Balai Desa Ngringinrejo. Pada kontes ini nantinya akan memilih belimbing sebagai pemenang yang tentunya harus memenuhi beberapa kriteria diantaranya adalah ukuran belimbing, rasa dan tekstur buah belimbing. Kontes nantinya akan diikuti oleh 104 peserta dari para petani belimbing dikawasan Kalitidu ini. Selanjutnya akan diambil 5 besar untuk ditetapkan menjadi juara pada kontes belimbing ini. Sama seperti kebanyakan kontes, kontes belimbing ini nantinya akan memilih yang terbaik dan paling berkualitas. Pada festival ini juga akan dimeriahkan dengan hadirnya arak-arakan yang membawa hasil bumi dan buah-buahan dari tiga penjuru yang selanjutnya arak-arakan akan menuju Balai Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu.

Iring-iringan tumpeng hasil bumi dan aneka buah nantinya akan diawali dengan tumpeng belimbing yang kemudian akan diikuti oleh 60 tumpeng lain yang berisi aneka hasil bumi dan tumpeng yang berisikan makanan yang biasa dinikmati setiap hari oleh masyarakat. Tumpeng ini adalah bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rejeki dan keselamatan kepada seluruh warga masyarakat Desa Ngringinrejo. Bentuk syukur ini salah satunya adalah dengan kesuburan ditanah – tanah mereka sehingga tanaman buah belimbing yang dibudidayakan mampu berproduksi dan menghasilkan buah yang melimpah. Dengan adanya tumpeng ini masyarakat dan petani mengharapkan berkah ini bisa dinikmati kembali untuk satu tahun mendatang. Namun ada ritual lain yang bisa pula kita saksikan pada kesempatan ini dimana sesepuh desa akan memberikan doa dengan media janur kuning yang dibawa oleh para ibu petani. Janur kuning ini adalah perlambang kesuburan dan keberkahan yang diharapkan akan dilimpahkan sang kuasa kepada para petani belimbing. Janur yang telah diberikan doa nantinya akan dibawa ke ladang-ladang petani dengan harapan agar tanaman mereka melimpah karena sudah mendapatkan doa dan berkah.

Masih dalam keterangannya, kabag Humas mengungkapkan bahwa selain ritual dan kontes belimbing pada acara festival belimbing ini juga akan disemarakkan dengan launching gerakan kemandirian desa berbasis Informasi teknologi (IT). Yang ditandai dengan penyerahan bibit belimbing jambu oleh Bupati Bojonegoro kepada kepala Desa Ngringinrejo. Selain itu akan diserahkan pula piagam kejuaran pada kontes belimbing. Dalam kesempatan ini pula Bupati akan menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga orang perintis tanaman buah belimbing serta demo aplikasi Gama My Village. Ditambahkan kabag Humas Launching Desa IT nanti juga akan ditayangkan tampilan aplikasi game my village, web desa, aplikasi Lapor UKP4, tower internet, BLC, dan video mengenai Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu.(humas**)

Leave a Comment