Share

Bina Anjal, Disnakertransos Beri Dana Stimulan

Bojonegoro (Media Center) – Jumlah anak jalanan (anjal) di Kabupaten Bojonegoro yang saat ini terbilang cukup tinggi segera ditindaklanjuti oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Bojonegoro. Selain melakukan pendataan, saat ini Disnakertransos juga telah menyiapkan anggaran untuk pembinaan sekitar 30 anjal yang terseleksi.

Dwi Harningsih, Kabid Bimbingan Rehabilitasi dan Kesejahteraan Sosial, mengatakan, seleksi pembinaan ini untuk menentukan peserta pembinaan yang hanya dianggarkan maksimal 30 anak.

“Karena setelah pembinaan nanti juga ada dana stimulan untuk menopang perekonomian keluarga anjal tersebut,” tutur Dwi saat ditemui di Kantor DPRD Bojonegoro, Senin (16/2/2015).

Untuk peserta pembinaan ini, lanjut Dwi, diprioritaskan bagi anak jalanan yang memenuhi kriteria peserta pembinaan seperti memiliki keluarga dan dilihat kondisi lingkungan keluarga yang memungkinkan diberi bantuan stimulan.

“Dana stimulan ini nantinya akan kita pantau penggunaannya. Kemungkinan akan diberikan dalam bentuk barang atau kebutuhan modal yang dibutuhkan oleh orang tua anjal ini,” imbuh perempuan berambut pendek itu.

Dwi menyebutkan, peserta pembinaan ini akan mendapat stimulan senilai Rp 1.250.000 per anak/keluarga. Sementara di tahu 2014 lalu, Disnakertransos tak mengadakan pembinaan namun telah mencairkan dana bantuan untuk menyediakan peralatan sablon bagi komunitas anak jalanan yang telah mengajukan melalui proposal.

“Kalau ada yang mengajukan proposal serupa, sebisa mungkin akan kami realisasikan. Tahun lalu ada yang mengajukan peralatan sablon dan sudah kami berikan,” pungkasnya. (lya/*acw)

Leave a Comment