Share

Bojonegoro Ajukan 5 Sekolah Ikuti UN Online

Ujian Nasional (UN) tahun 2015 ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro mengajukan 5 sekolah untuk mengikuti UN secara online. Sekolah-sekolah tersebut antara lain SMPN 1, SMAN 1, SMKN 4, SMKN 1 dan SMKN 2 Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Ujian Nasional (UN) tahun 2015 ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro mengajukan 5 sekolah untuk mengikuti UN secara online. Sekolah-sekolah tersebut antara lain SMPN 1, SMAN 1, SMKN 4, SMKN 1 dan SMKN 2 Bojonegoro.

“Awalnya kami hanya mengajukan tiga sekolah yaitu SMPN 1, SMAN 1 dan SMKN 4. Namun dalam rapat hari ini di Kanwil, kita mengajukan dua sekolah lagi,” jelas Puji Widodo, Kabid Pendidikan SMP-SMA/SMK Dinas Pendidikan Bojonegoro saat ditemui di ruangannya, Kamis (5/2/2015).

Ujian Nasional online ini pertama kali akan dilaksanakan di tahun 2015. Menurutnya, UN Online ini bisa lebih mengukur kemampuan siswa karena dinilai lebih jujur dibanding UN secara tulis.

Meski demikian, di Kabupaten Bojonegoro, menurut Puji, baru beberapa sekolah yang dirasa siap melaksanakan UN secara online. Ia juga tak memaksa jika nantinya sekolah-sekolah yang telah diajukan ini merasa keberatan dan memiliki kendala untuk melaksanakan UN Online.

“Karena baru pertama kali, pasti ada kendala. Yang kita ajukan adalah sekolah-sekolah yang memiliki lab komputer yang memadai,” tambahnya.

Bagi sekolah yang melaksanakan UN Online, nantinya akan dibagi menjadi tiga shift dalam satu hari. Ujian bisa dilakukan dengan menggunakan komputer sekolah yang telah disediakan, laptop milik siswa maupun gadget lainnya.

“Minimal harus ada perangkat untuk ujian sepertiga dari peserta UN di sekolah. Kita masih menunggu petunjuk selanjutnya,” pungkasnya.(**mcb)

1 Comment on this Post

  1. Menurut saya sebaiknya diadakan serentak jangan dalam bentuk shift. Karena jika dalam bentuk shift dikhawatirkan menurunkan mood siswa 🙂

    Reply

Leave a Comment