Share

Bojonegoro Akan Susun Buku Pakem Wayang Thengul

Bojonegoro (Media Center) – Produk budaya asli Bojonegoro wayang Thengul kini mulai diminati oleh masyarakat baik di dalam maupun luar Bojonegoro. Hal ini terlihat dari eksisnya wayang, tari hingga batik khas Jonegoroan yang menggunakan motif wayang Thengul.

Sayangnya, hingga saat ini, Bojonegoro belum memiliki pakem yang disahkan untuk wayang Thengul mulai dari nama penokohan, ukuran hingga kostum wayang khas Bojonegoro ini.

Melihat kondisi ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro tengah melakukan upaya untuk menentukan pakem wayang Thengul. Beberapa waktu lalu, 10 dalang dan perajin senior wayang Thengul telah membahas soal penamaan karakter wayang yang mencapai 150 wayang dalam set. Hal ini dilakukan lantaran saat ini beberapa dalang menggunakan nama yang berbeda untuk karakter wayang Thengul ini.

“Karena Thengul ini bisa dimainkan dengan cerita yang berbeda, maka nama yang digunakan bermacam-macam. Tapi sekarang kita tetapkan nama asli untuk masing-masing karakter,” jelas Imam WS, Kabid Promosi Pariwisata Disbudpar Bojonegoro.

Tak hanya penamaan karakter, nantinya para seniman wayang Thengul ini juga akan menyusun pakem wayang Thengul.

“Termasuk ukuran wayang hingga cerita asli,” lanjut Imam.

Setelah tuntas penetapan nama, pakem, kostum wayang hingga alus cerita, Disbudpar akan menyusunnya menjadi sebuah buku yang akan disebar untuk mengenalkan wayang Thengul baik pada masyarakat Bojonegoro maupun wisatawan dan tamu kenegaraan yang berkunjung ke Bojonegoro.(Lya/dwi)

Leave a Comment