Share

Bojonegoro Atasi Kekeringan Dengan Embung

Program 1.000 embung atau waduk kecil yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro telah mencapai hingga 300an embung yang tersebar di sejumlah kecamatan di Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Program 1.000 embung atau waduk kecil yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro telah mencapai hingga 300an embung yang tersebar di sejumlah kecamatan di Bojonegoro.

“Program ini diharapkan bisa mengurangi kekeringan yang tiap tahun melanda sejumlah daerah di Bojonegoro,” ujar Bupati, Suyoto, Senin (01/12/2014).

Pria yang akrab disapa Kang Yoto itu menjelaskan, embung berfungsi sebagai penampung air hujan, sehingga saat musim kemarau tiba persediaan air bagi warga yang dekat dengan embung tercukupi. Selain itu, sambung Yoto, juga dapat menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat sekitar. Menurut dia, embung yang sudah jadi di beberapa daerah seperti Kedungadem, Sugihwaras dan Kepohbaru tiap sore hari ramai dikunjungi warga, baik anak-anak maupun orang dewasa untuk sekedar mengahabiskan waktu.

“Banyak manfaat embung, tak hanya menjaga ketersediaan air, tapi banyak manfaat lainnya,” imbuhnya.(**mcb)

Leave a Comment