Share

Bojonegoro Bakal Punya ‘Pabrik’ Bata Ringan

Dalam waktu dekat, Kabupaten Bojonegoro bakal mempunyai ‘pabrik’ bata ringan. Menyusul bantuan yang diterima oleh Desa Kandangan, Kecamatan trucuk dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur.

Bojonegoro (Media Center) – Dalam waktu dekat, Kabupaten Bojonegoro bakal mempunyai ‘pabrik’ bata ringan. Menyusul bantuan yang diterima oleh Desa Kandangan, Kecamatan trucuk dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur.
“Kami telah menerima satu set mesin pembuat bata ringan, termasuk bahan bakunya,” jelas Tamban, Kepala Desa Kandangan (20/11). Menurut Tamban, bantuan berupa hibah tersebut atas usulan pihak Pemerintah Desa setempat.
Bantuan mesin dan bahan baku bata ringan tersebut diterima pihak Pemdes sejak Rabu malam. Menurut Tamban, selain mesin dan bahan baku yang bernilai sekitar Rp 150 juta tersebut, warga Desa Kandangan, khususnya pengrajin bata merah juga akan mendapatkan pelatihan operasional mesinnya.
“Pelatihannya minggu depan, kami juga masih menunggu bantuan lain berupa generator listriknya. Ini sudah disetujui oleh provinsi,” jelasnya. Saat ini pihak Pemdes Kandangan telah menyiapkan dua lokasi pilihan untuk lokasi ‘pabrik’ bata ringan di Kandangan.
“Ada lokasi di tepian Bengawan Solo, sistemnya sewa, atau menggunakan lokasi di rumah warga,” jelasnya. Pengelolaan ‘pabrik’ bata ringan yang akan diberi merk Tanah Mas tersebut, akan ditawarkan pada kelompok pengrajin bata merah di Desa Kandangan sendiri.(**rpmcb)

1 Comment on this Post

  1. Sukses untuk Bojonegoro, untuk memproduksi Bata Ringan ( CLC ),

    Salam Sukses

    Reply

Leave a Comment