Share

Bojonegoro Berkomitmen Dukung Kelancaran Proyek Migas

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menyatakan tidak akan hanya mengandalkan keunggulan kekayaan migas untuk mewujudkan Bojonegoro sebagai lumbung pangan dan energi negeri. Namun akan meletakkan potensi migas sebagai keunggulan komparatif sehingga mampu berdaya dan menjadi pemain dalam kancah hulu dan hilir kegiatan migas.
“Kami sangat berkepentingan terhadap kelancaran proyek migas nasional di Bojonegoro, bukan semata sebagai wujud dukungan kami terhadap ketahanan eneri negeri serta adanya penerimaan revenue migas, namun jangan lupa bahwa kami juga memiliki andil saham penyertaan Participating Interest 4,43 %,” ujar Bupati Suyoto.

Dia menyampaikan, kemunduran ataupun kegagalan proyek migas berdampak kerugian besar bagi Kabupaten Bojonegoro.  Karena itu tidak ada pilihan lagi kecuali memberikan komitmen bagi kelancaran proyek migas di Bojonegoro melalui upaya menggalang dukungan sosial dan fasilitasi tata kelola perijinan serta tata ruang.

“Sebab ada  kepentingan dan manfaat yang diperoleh Bojonegoro dengan adanya proyek migas,” tambahnya.

Kepentingan dan manfaat itu di antaranya, pendapatan dari Dana Bagi Hasil (DBH) Migas, peningkatan modal sosial, peningkatan sumber daya manusia, kompetensi pemerintah kabupaten dalam tata kelola migas, mendapatkan model tata kelola migas yang baik, Trust Social Capital dan Pengakuan dan penghargaan.

“Seluruh indikator keuntungan tersebut sejujurnya memberikan banyak perubahan bagi Bojonegoro dewasa ini. Kami tidak hanya berpangku tangan menunggu pemberian revenue semata, namun kami proaktif menjadikan moment ini sebagai pijakan menjadikan Bojonegoro lebih berdaya saing kedepan.” tegas Suyoto.

Dia mengaku memiliki mimpi disamping Bumi Bojonegoro melahirkan migas, juga melahirkan generasi emas yang pembiayaannya diperoleh dari kemanfaatan bagi hasil migas. “Rencana aksi kami susun dengan menitik-beratkan pada strategi, transparansi dan akuntabilitas, pemberdayaan masyarakat, serta  proaktif mendorong sinergitas pemangku kepentingan, dengan penjelasan,” pungkasnya.(wed/dwi)

Leave a Comment