Share

Bojonegoro Berupaya Berantas Tuberculosis

Bojonegoro (Media Center) – Menekan angka penderita Tuberculosis (TB) di Kabupaten Bojonegoro, Komunitas TB Care Aisyiyah Bojonegoro melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan untuk membrantas penyakit Tuberkulosis. Dalam kegiatan ini, beberapa instansi dilibatkan dengan penandatanganan yang dilakukan oleh beberapa pejabat diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Mitro’atin, Kepala Dinas Kesehatan Sunhadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Adie Widjaksono, hingga perwakilan dari RSUD Sosodroro Djatikusumo.

Kepala Dinas Kesehatan, Sunhadi yang mewakili Bupati Bojonegoro Suyoto, menjelaskan, bahwa Penyakit TBC atau Tuberkulosis (TB) cepat menular. Ia mencontohkan, penularan bisa melalui batuk, bersin, meludah.

“Dan mungkin berbicara hingga ada percikan ludah sudah bisa menularkan TB,” jelasnya.

Sunhadi menyebutkan, penyakit TB ini bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat selama enam bulan penuh. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro juga telah mendukung pemberantasan penyakit TBC dengan membuatkan rumah layak huni agar bisa terhindar dari penyakit Tuberkulosis (TB) ini.

“Pemkab Bojonegoro pada bulan mei 2015 ini, juga telah mempersiapkan rumah singgah bagi pasien yang sedang  berobat di RSUD Dr. Soetomo, Subaraya,” jelas mantan Direktur RSUD Sosodoro Djatikoesoemo ini.

Usai penandatanganan nota kesepakatan, acara dilanjutkan dengan jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Tuberculosis Sedunia. Acara ini diikuti hampir 1.000 peserta dengan rute mulai jalan Mas Tumapel-Imam Bonjol-Mastrip-MH. Thamrin- P. Sudirman-Trunojoyo dan finish kembali lagi Ke Jalan Mas Tumapel.(/*mcb)

Leave a Comment