Share

Bojonegoro Cybex Bakal Diluncurkan di Kedungadem

Foto: Petani Bawang Merah Desa Duwel saat akan memulai tanam (dok:  @fira157)

Bojonegoro (Media Center) – Desa Duwel, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro dipastikan menjadi salah satu lokasi peluncuran Bojonegoro Cyber Extension. Hal itu tertuang dalam hasil survey yang dikeluarkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia).

Desa Duwel sendiri, saat ini sedang melakukan panen bawang merah, komoditas yang menjadi unggulan dan sumber penghidupan bagi masyarakat setempat. Selain Desa Duwel, di Bojonegoro terdapat sejumlah wilayah yang akan dikembangkan model pertukaran informasi pertanian melalui area cyber.

Yakni, di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu sebagai sentra agro Belimbing, di rumah inovasi yang ada di Kecamatan padangan dan di Desa Napis Tambakrejo yang mempunyai kandang percontohan budidaya kambing.

Cyber Extension (Cybex) sendiri merupakan program kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan PT Telkom Indonesia. Yang secara umum dapat diartikan sebagai media komunikasi inovasi baru yang memanfaatkan jaringan internet, komunikasi melalui komputer dan multimedia interaktif digital untuk menjembatani proses transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi baru dibidang pertanian secara cepat.

Rencananya, Cyber Extension di Bojonegoro akan secara resmi diluncurkan pada pertengahan bulan Januari 2014. “Antara tanggal 7 sampai 15 Januari 2014,” jelas Kusnandaka Tjatur, selaku Kepala Kominfo Bojonegoro. (ramcb)

 

 

 

Leave a Comment