Share

Bojonegoro Jamin Kemudahan Investor

Bojonegoro (Media Center) – Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Bojonegoro mendukung langkah eksekutif mempermudah akses investor yang akan menanam investasi ke Bojonegoro. Karena dengan masuknya pemodal akan banyak keuntungan yang didapat masyarakat dan daerah.

Mulai dari peluang usaha dan kerja serta pendapatan asli daerah dari restribusi resmi. “Selama itu positif kita mendukung langkah eksekutif yang mempermudah investor masuk ke Bojonegoro. Karena bisa menambah pendapatan asli daerah,” ungkapnya.

Anam mengaku, jika sebelumnya Komisi A DPRD sudah pernah melakukan hearing (dengar pendapat) dengan Dinas Perijinan, Kabupaten Bojonegoro untuk membahas cara menarik investor salah satunya dengan memberikan potongan biaya administrasi.

“Aturan hukum bagi investor luar yang akan masuk ke sini juga sudah ada, baik itu Peraturan Daerah (Perda) maupun aturan lain,” jelasnya.

Dengan banyaknya investor yang masuk ke Bojonegoro bisa menambah penghasilan asli daerah melalui pajak dan retribusi. Karena itu, Anam menyarankan agar eksekutif memiliki regulasi khusus agar bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Lebih baik kehilangan beberapa juta untuk ijin, tapi pajak dan retribusi tetap tinggi untuk daerah,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Bojonegoro, Suyoto, menjelaskan, untuk menumbuh kembangkan iklim investasi di Bojonegoro ini harus didukung dengan lingkungan yang kondunsif agar para pelaku usaha merasa nyaman dalam mengambangkan usaha.

“Bagi sebagian kalangan pengusaha, jaminan bahwa usaha yang mereka lakukan tidak mendapatkan hambatan dan halangan menjadi hal mutlak,” katanya.

Menurut Suyoto, Bojonegoro  merupakan daerah yang prospek untuk mengembangkan usaha. Karena Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bojonegoro jauh lebih rendah dibandingkan beberapa wilayah sekitarnya yakni Rp1,3 juta. Selain itu juga adanya dukungan alat transportasi dengan dibukanya jalur double track rel kereta api.

“Melihat prospek ini maka dipastikan investasi akan semakin menjanjikan bila dikembangkan di Bojonegoro,” tambahnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment