Share

Bojonegoro Kembali Rapid Test Massal Pedagang Pasar Tradisional

Bojonegoro, Media Center – Dinas Kesehatan Bojonegoro kembali melaksanakan rapid test massal di tiga pasar tradisional yakni Baureno, Kalitidu, dan Sumberrejo, Sabtu (30/5/2020). Tujuannya untuk mendeteksi dini dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ada 300 orang pedagang di tiga pasar tradisional dirapid test. Masing-masing pasar diikuti 100 pedagang.

Sebagian pedagang memilih tidak mengikuti rapid test karena takut. Namun tidak sedikit dengan sadar ikut antri untuk memastikan apakah tubuhnya terpapar virus atau tidak.

“Rapid tes ini untuk memutus rantai sebaran Covid 19, khususnya di titik rawan yang berpotensi penyebaran,” Kata Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro, dr. Ani Pudjaningrum.

Dijelaskan, pasar merupakan klaster penularan dari sebaran Virus Corona sehinga pendeteksian dini harus dilakukan agar tidak menyebar semakin meluas.

“Nanti jika ditemukan reaktif dari rapid tesnya akan dilakukan isolasi 14 hari, dan ditindaklanjuti dengan swab,” pungkasnya.

Ani berjanji akan mengumumkan hasil rapid test massal hari ini setelah semua hasilnya keluar.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan juga melakukan rapid test kepada pedagang di sejumlah pasar. Yakni Pasar Kota, Banjarjo, Kapas, Dander, dan Gayam. Selain itu juga swalayan seperti Bravo, KDS, Giant, Samudra, dan buruh parik rokok MPS Padangan.(Dwi)

Leave a Comment