Share

Bojonegoro Launching Ikon Si Gogor

Bojonegoro, 23/10 (Media Center) – Tekad pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk menggerakkan sektor wisata, ekonomi kreatif dan sektor lainnya diwujudkan dengan beragam cara. Salah satunya adalah dengan launching Si Gogor sebagai maskot Bojonegoro, Sabtu (21/10) pagi di Halaman Gedung Pusat Pengembangan Industri Kreatif Jalan Veteran Bojonegoro.

Dalam pengertian Bahasa Jawa, Gogor adalah anak macan. Selain itu, juga terinspirasi dari bentuk celengan khas Bojonegoro dari Desa Rendeng Kecamatan Malo.

Dimasa keemasan celengan ini ditahun 1980 an demikian melegenda dan banyak diminati warga pada zaman itu. Kini si Gogor didaulat menjadi maskot Kabupaten Bojonegoro yang diharapkan akan menjadi ikonik yang memiliki daya tarik tersendiri.

Agus Supriyanto Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Pemkab Bojonegoro selain launching maskot juga digelar pameran bertajuk Jonegoro Creatif Fair yang diikuti oleh pelaku UMKM diwilayah Bojonegoro mulai makanan minuman dan aneka produk olahan.

“Pelaku industri kreatif Bojonegoro menemukan arwahnya sehingga akan menjadi quantum kebangkitan industri kreatif di Bojonegoro,” tukasnya.

Bupati Bojonegoro, Suyoto dalam sambutannya menyampaikan lima tahun lalu orang Bojonegoro mendengar kata kreatif itu minder. Lalu ketika bicara tentang kreatif langsung ngeri.

“Namun didukung berbagai pihak.dimulai rintisan anak muda dan Dekranasda kemudian bertemu IKKON Bekraf sehingga menemukan ide yang kreatif dan luar biasa,” imbuhnya.

Kini ketika berkumpul semua mulai menemukan ide-ide kreatif membangun Bojonegoro dalam berbagai sisi. Ide kratifitas lambat laun menjadi makin cerdas. Diibaratkan kini tengah mampu berdiri dan berlatih berjalan.

“Maka ini sejalan dengan semangat Si Gogor yakni spirit Bojonegoro Go yakni akan terus berjalan dan maju,” pungkasnya. (*dwi/mcb)

Leave a Comment