Share

Bojonegoro Siaga 3, Hulu Cenderung Turun

Bojonegoro (Media Center) – Air kiriman dari wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo, ditambah hujan lokal yang mengguyur wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengakibatkan debit air Sungai Bengawan Solo naik drastis.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, pagi ini status Bengawan Solo di Bojonegoro sudah menyentuh level siaga 3. Yakni 15.00 naik 4 centimeter dri pukul 07.00, sementara di Karangnongko mengalami penurunan 8 cm dari satu jam sebelumnya.

Naiknya debit air tersebut menyebabkan sejumlah wilayah di bantaran sungai terpanjang se Pulau Jawa mulai digenangi air luapan Bengawan Solo.

Di Kecamatan Kalitidu, sejak semalam hingga pagi ini (Minggu, 15/12/2013) sawah-sawah dan jalan-jalan desa mulai digenangi air. Diantaranya adalah Desa Pilangsari dan Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu.

Kondisi terparah adalah di bagian barat Desa Pilangsari, Kecamatan Kalitidu. “Air di jalan mencapai paha orang dewasa,” terang Mustaqim, warga Desa Mayangrejo. (ramcb)

Leave a Comment