Share

Bojonegoro Siap Banjir

Berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan di 14 daerah hulu sungai Bengawan Solo diprediksikan tinggi dan cenderung diatas normal. Menyikapi hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro mengimbau agar warga yang bermukim dibantaran sungai bengawan solo untuk waspada.

Bojonegoro (Media Center) – Berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan di 14 daerah hulu sungai Bengawan Solo diprediksikan tinggi dan cenderung diatas normal. Menyikapi hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro mengimbau agar warga yang bermukim dibantaran sungai bengawan solo untuk waspada.

Seperti yang disampaikan oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto. Menurutnya, banjir diprediksi datang lebih awal dibanding tahun lalu. Di tahun 2013 lalu, banjir luapan sungai Bengawan Solo ini terjadi pada akhir Desember. Sementara, prediksi tahun ini, 14 kabupaten yang memiliki muara di sungai Bengawan Solo utamannya didaerah hulu curah hujan tinggi dan cenderung diatas normal termasuk Kabupaten Bojonegoro yang harus siap siaga menyambut banjir.

Ditambahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar segera melakukan assesment sekaligus memetakan daerah yang selama ini menjadi langganan banjir. Selain itu, sosialisasi soal persiapan banjir ini harus terus gencar dilakukan pada masyarakat yang terdampak.

“Mulai kesiapan secara personal masing-masing warga, hingga langkah apabila sewaktu waktu harus evakuasi,” imbuhnya.

Selain perintah tersebut, titik-titik pengungsian harus mulai dibenahi dan disiapkan jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir. “Mengatasi bencana bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah, akan tetapi memerlukan sinergi semua pihak baik lintas sektoral maupun masyarakat umum,” pungkasnya.(humas/**mcb)

Leave a Comment