Share

Bojonegoro Siapkan Kebun Raya

Guna mewujudkan rencana tersebut, Pemkab Bojonegoro telah melakukan pertemuan dengan unsur pimpinan KPH yang ada di wilayah Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Terus bergeliat untuk pembangunan berwawasan lingkungan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Jawa Timur menjalin komunikasi intensif dengan pihak-pihak yang berkaitan. Diantaranya adalah rencana pemanfaatan lahan hutan menjadi Kebun Raya yang dalam hal ini diantaranya di lahan dalam wilayah hutan.

Pembangunan Kebun Raya tersebut, diantaranya adalah buah jambu biji dan tanaman porang di wilayah Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bojonegoro dan kebun empon-empon di wilayah KPH Parengan. Guna mewujudkan rencana tersebut, Pemkab Bojonegoro telah melakukan pertemuan dengan unsur pimpinan KPH yang ada di wilayah Bojonegoro.

Pertemuan tersebut adalah untuk membahas kerjasama lebih lanjut pemanfaatan kawasan perhutani, termasuk pemanfaatan lahannya sebagai Kebun Raya. “Sebelumnya, Pemkab telah bertemu dengan Direktur perencanaan dan pengembangan bisnis perhutani, ini adalah pertemuan lanjutannya,” kata Administratur Perhutani Bojonegoro, Anggar Widiyatmoko.

Dalam tahap itu, diungkapkan juga adanya pemanfaatan kerjasama non komersial untuk budidaya tanaman kemiri, tanaman tepi dan teduhan di dalam wilayah hutan. (*/hms/mcb)

3 Comments on this Post

  1. Yat Gayor Bin Ta'is

    Mantabs, cocok untuk mengurangi hawa panas di bojonegoro yg semakin ekstrim. Kalo bisa pohon jati agak dikurangi, ganti dengan tanaman perdu nan rindang, berdaun lebat baik di musim hujan maupun saat kemarau. Orientasinya utk penyelamatan lingkungan bukan pada sisi bisnis. Di bojonegoro wajib ada kebun raya seperti di bogor, karena bojonegoro dan tuban menjelma menjadi daerah industri.

    Reply
  2. semoga cepat terealisasi…aamiin…

    Reply
  3. Karnadi Sawen

    Kebun raya sangat dibutuhkan mengingat selama ini penanganan hutan di bojonegoro sangat buruk. Hutan jati sangat kemranggas kalo musim kemarau jadi sangat berdampak pada kondisi cuaca yg makin panas, untuk itu sebaiknya di ganti tanaman yg rindang ketika musim panas.

    Reply

Leave a Comment