Share

Bojonegoro Siapkan Penilaian Kedua Adipura

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro terus berbenah dan menyiapkan strategi untuk penilaian kedua (P2) Adipura yang akan dilaksanakan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada bulan April 2015 mendatang. Saat ini, Bojonegoro masuk sebagai nominator lima besar kota kecil dan nominator Adipura Kencana.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Nurul Azizah, mengatakan, pada penilaian pertama Adipura telah mendapatkan nilia komulatif 75,8. Diharapkan pada P2 ada peningkatan sehingga mendapatkan dua penghargaan sekaligus.

“Sekarang ini, kami bersama tim dari beberapa satuan kerja perangkat daerah atau SKPD masih melakukan evaluasi karena ada yang kurang,” ujar Nurul.

Dia menyampaikan, kekurangan yang perlu dievaluasi ulang adalah lapak pedagang kaki lima (PKL), kebersihan PKL, pengelolaan sampah baik di tingkat pemerintah maupun masyarakat, kebersihan di pasar tradisional. Semua kekurangan itu tengah dibahas bersama seluruh tim dari SKPD terkait dan konsultan lingkungan hidup untuk memperbaikinya.

“Kami berharap peran serta masyarakat untuk mendapatkan penghargaan ini. Karena, tidak mungkin hanya pemerintah saja yang melakukannya,” harap Nurul.

Mantan Camat Kalitidu yang pernah dinobatkan sebagai camat terbaik tingkat nasional itu menyampaikan, dengan adanya penghargaan Adipura ini dapat memotivasi meuwjudkan kesehatan lingkungan dan budaya bersih lingkungan. Sehingga, partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan.

“Kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, masyarakat dan instansi terkait harus ditingkatkan dan berkesinambungan,” tegas Nurul.(dwi)

Leave a Comment