Share

Bojonegoro Targetkan Tanam 4650 Tanaman Buah

Bojonegoro (Media Center) – Berkembangnya konsep agrowisata di Kabupaten Bojonegoro terus digenjot dengan penanaman berbagai jenis buah di kabupaten yang dilintasi Bengawan Solo ini. Seperti adanya Agropolitan belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu yang ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan lokal maupun pengunjung dari kabupaten lain.

Untuk mendukung hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) menargetkan penanaman 4650 tanaman serbaguna di tahun 2015. Jumlah ini meliputi 400 batang bibit sawo jumbo, 400 bibit jeruk nambangan, 2.850 bibit kelengkeng, dan 100 bibit alpukat.

“Yang akan dilakukan pada Maret nanti adalah penanaman sawo dan jeruk di Ngringinrejo sebagai tanaman penunjang agrowisata,” jelas Nurcholis, Kabid Konservasi Tanah di kantornya, Rabu (25/2/2015).

Sementara untuk jenis bibit kelengkeng akan ditanam di 3 wilayah yakni di Kecamatan Sekar, Margomulyo serta Kedewan. Selain itu, Kecamatan Kedewan juga menjadi sasaran program penanaman 1.000 batang bibit pohon alpukat.

“Karena untuk beberapa jenis tanaman buah kita sesuaikan iklim dan tinggi lokasi, jadi alpukat dan kelengkeng kita tanam di wilayah dataran yang lebih tinggi,” lanjut Nur, sapaan akrabnya.

Selain itu, di tahun 2014 Dishutbun telah melakukan penanaman tanaman serbaguna yakni kelengkeng di dua lokasi yakni di Kecamatan Dander dan Desa Pajeng Kecamatan Gondang. Penanaman ini dilakukan untuk mewujudkan konsep desa wisata agro di beberapa lokasi tersebut dengan menanam 2.500 pohon. (lya/*acw)

Leave a Comment