Share

Bojonegoro Terima ICSB Indonesia Presidential Award

Bojonegoro, 23/11 (Media Center) – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Bojonegoro mendapatkan penghargaan dari International Council for Small Business (ICSB), Rabu (22/11) di TVRI Jawa Timur. Penghargaan ini diberikakan karena Bojonegoro dinilai komitmen dalam mendukung kemajuan usaha kecil dan menengah di wilayahnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Bojonegoro, Elza Deba Agustina, menjelaskan Kabupaten Bojonegoro meraih penghargaan untuk kategori Policy Maker atas komitemennya dalam mendukung kemajuan usaha kecil menengah di Kabupaten Bojonegoro. ICSB Indonesia dan Markplus, Inc didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia .

Penghargaan yang didapat ini, lanjut dia, adalah kali kedua digelarnya penganugerahan ICSB Indonesia Presidential Award, kali ini dihadiri oleh 18 kota di Indonesia dengan mengusung tema “Saya Indonesia, Saya UKM, Saya 4.0” yakni Profesional, Produktif, Kreatif dan Enterpreneurial.

“Tahun lalu kita juga mendapat. Ini yang kedua kalinya,” tegasnya.

Elza Deba menambahkan penghargaan yang diserahkan kemarin, Bojonegoro termasuk dalam enam besar Kabupaten yang perkembangan sektor UKMnya mengalami kemajuan pesat. Sesuai data di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, kata, jumlah pelaku usaha di Kabupaten Bojonegoro di tahun 2016 adalah usaha mikro sebanyak 68.863 , usaha kecil 7.604 dan usaha menengah terdapat 797 lembaga. Sehingga total mencapai 77.264 lembaga yang bergerak dalam bidang perdagangan, jasa, industri, kerajinan dan produksi-produksi lainnya.

“Pertumbuhan ini menandakan jika tingkat perekonimian masyarakat meningkat,” tandas mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro itu.

International Council for Small Business (ICSB), jelas dia, adalah sebuah organisasi non profit dunia yang mempunyak tujuan melanjutkan pendidikan manajemen bagi pengusaha dab usaha kecil menengah. Dewan ini didirikan pada tahun 1956 ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pengetahian dari usaha kecil menengah untuk sukses dan memberikan dampak ekonomi dan sisial bagi kemakmuran suatu negara. Keanggotaan organisasi ini terdiri dari 4 pilar utama ICSB yakni Academician, Researcher, Policy Maker dan Business Practitioner.

Atas keberhasilandan dedikasinya dalam mendukung kemajuan usaha mikro, kecil dan menengah di Kabupaten Bojonegoro, maka Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro bersama 5 kabupaten/kota di Jawa Timur telah mendapatkan penghargaan kategori Policy Marker dari ICSN Indonesia Presidential Award pada 21 Nopember kemarin.

Kedepan atas keberhasilan Kabupaten Bojonegoro dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas serta membangun ekosistem UMKM di Kabupaten Bojonegoro. Bapak Bupati Bojonegoro dan 10 Kabupaten/Kota di Jawa Timur akan mendapatkan penghargaan NATAMUKTI dari ICSB Indonesia Oresidential Award yang akan diterimakan di Bali minggu depan.(*dwi/mcb)

Leave a Comment