Share

Bojonegoro Terima Penghargaan Gerakan sayang Ibu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro kembali menorehkan preatsi. Kali ini, Bojonegoro menyabet gelar Pelaksana Terbaik I Tingkat Propinsi Jawa Timur untuk Gerakan Sayang Ibu pada 18 Desember lalu.

Bojonegoro (Media Center) -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro kembali menorehkan preatsi. Kali ini, Bojonegoro menyabet gelar Pelaksana Terbaik I Tingkat Propinsi Jawa Timur untuk Gerakan Sayang Ibu pada 18 Desember lalu.

Penghargaan diterima oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, Mahfudhoh Suyoto pada Peringatan Hari Ibu ke 86 Tahun 2014 di Jakarta. Pemkab Bojonegoro dinilai memiliki komitemen yang tinggi dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI). Diantaranya adalah memasukkan penurunan AKI sebagai salah satu indikator suksesnya pada Misi dalam RPJMD Tahun 2013-2018.

Upaya pemerintah dalam menurunkan AKI, dari berbagai program dan kebijakan dalam rangka membangun kualitas sumber daya manusia khususnya kaum ibu dan perempuan menunjukkan kepedulian Pemkab Bojonegoro. Ditambah dengan peningkatan kualitas hidup perempuan, terutama upaya penurunan AKI dan Angka Kematian Bayi (AKB), peningkatan kesehatan reproduksi perempuan dan upaya perlindungan dari tindak kekerasan sehingga menganggap perlu untuk memperkenalkan kembali sekaligus merevitalisasi GSI.

Selain itu upaya strategi yang dilaksanakan dalam upaya penurunan AKI ini meliputi beberapa bidang diantaranya adalah dengan peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, anak dan lansia. Untuk diketaui bahwa AKI Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013 adalah 108,5 per 100.000 kelahiran hidup. Target AKI pada akhir RPJMD Kabupaten Bojonegoro adalah 71,54 per 100.000 kelahiran hidup.

Tidak hanya itu saja dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Bojonegoro, pada tahun 2014 dan 2015 ini Pemerintah Kabupaten Bojonegoro gencar mensosialisasikan Desa Sehat dan Cerdas.(humas/**mcb)

Leave a Comment