Share

BPBD Prediksi Banjir Bengawan Solo di Akhir Januari

Status siaga banjir di Kabupaten Bojonegoro masih berlangsung, namun hingga saat ini banjir tahunan akibat luapan Sungai Bengawan Solo belum terjadi di Bojonegoro. Meski demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mengimbau agar warga di sepanjang bantaran sungai terpanjang di Pulau Jawa ini mengantisipasi datangnya banjir tahunan.

Bojonegoro (Media Center) – Status siaga banjir di Kabupaten Bojonegoro masih berlangsung, namun hingga saat ini banjir tahunan akibat luapan Sungai Bengawan Solo belum terjadi di Bojonegoro. Meski demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mengimbau agar warga di sepanjang bantaran sungai terpanjang di Pulau Jawa ini mengantisipasi datangnya banjir tahunan.

Hal ini seperti yang disampaikan Andik Sudjarwo, Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro. Ia menuturkan, hingga saat ini memang prediksi meluapnya Bengawan Solo tak terjadi di Bojonegoro. Menurutnya, hal ini lantaran curah hujan yang diprediksi tinggi oleh BMKG terjadi tak merata.
Namun, ia menegaskan bahwa ada potensi banjir Bengawan Solo yang akan terjadi di pertengahan akhir Januari 2015 ini. Ia meminta agar warga bantaran tetap mengantisipasi dengan segala persiapan yang memungkinkan dan mengamakan harta bendanya.
“Dilihat dari curah hujan di daerah hulu Sungai Bengawan Solo, di akhir januari cukup tinggi dan merata. Kita prediksi Bengawan Solo meluap di akhir Januari 2015 ini,” jelasnya, Senin (12/1/2015).
Ia mengatakan, peningkatan curah hujan ini dinilai lebih tinggi dibanding dengan tahun sebelumnya. Ia memperingatkan agar warga bersiap menghadapi banjir Bengawan Solo.
“Warga tidak boleh lengah karena hingga saat ini debit Sungai Bengawan Solo dalam status normal. Kita prediksi di daerah hulu hujan deras yang menyebabkan banjir di Bojonegoro,” tegasnya.(**mcb)

Leave a Comment