Share

BPBD Siapkan Karung Penutup Doorlat

Mengantisipasi datangnya banjir di Kabupaten Bojonegoro, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro tengah menyiapkan ratusan karung pasir. Nantinya, karung pasir ini akan digunakan sebagai penutup pintu air saat banjir tiba.

Bojonegoro (Media Center) – Mengantisipasi datangnya banjir di Kabupaten Bojonegoro, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro tengah menyiapkan ratusan karung pasir. Nantinya, karung pasir ini akan digunakan sebagai penutup pintu air saat banjir tiba.

Selasa (30/12/2014) Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bojonegoro membuat ratusan kantong pasir. Sekitar 500 kantong ini nantinya akan disimpan di kantor BPBD Bojonegoro dan akan digunakan untuk menutup tanggul atau doorlat (pintu air) saat sungai Bengawan Solo meluap. “Hari ini kita buat sekitar 500 kantong untuk berjaga-jaga dan bisa digunakan kapan saja,” ujar Sukirno, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Bojonegoro.

Ia menambahkan, tak hanya digunakan untuk keperluan menutup doorlat atau tanggul saja, namun kantong pasir ini juga diperuntukkan bagi warga Bojonegoro yang sekiranya membutuhkan. “Misalnya, saat banjir warga butuh kantong pasir untuk mencegah air masuk rumah bisa kita beri kantong pasir ini. Asal benar-benar butuh pasti kita bantu,” jelasnya.

Rencananya, kantong-kantong pasir ini akan digunakan untuk menutup pintu air di sepanjang sungai Bengawan Solo yang berada di wilayah Kecamatan Bojonegoro. Namun, jika dibutuhkan, kantong pasir ini juga bisa digunakan untuk menutup tanggul saat bencana banjir bandang melanda seperti di wilayah lainnya.(**mcb)

Leave a Comment