Share

BPMPD Sosialisasikan Revisi Dana Desa

Bojonegoro (Media Center) – Badan Pemberdayan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bojonegoro, mensosialisasikan adanya revisi Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 tahun 2014 tentang dana desa yang bersumber dari APBN dengan PP No. 22 tahun 2015 tentang perubahan PP No. 60 tahun 2014.

Kepala BPMPD Bojonegoro DJumari, mengatakan,  pihaknya telah mensosialisasikan PP No. 22 tahun 2015 di masyarakat. Di antaranya tentang dana desa disetiap kabupaten/kota dihitung berdasarkan jumlah desa yang dialokasikan secara berkeadilan.

Dia menambahkan, alokasi tersebut tentunya dengan memperhatikan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis desa di setiap kabupaten/kota.

“Dari sini dapat disimpulkan bahwa kemungkinan nantinya setiap desa tidak akan sama dalam penerimaan dana desa tersebut,” tegasnya.

Selain itu perlu pemahaman pada pemerintahn desa. Seperti tentang tata cara pemilihan kepala desa, struktur dan tata kerja desa, tata cara pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, tata cara pengelolaan kepala desa dan tata cara pengangkatan perangkat desa.

“Kami berharap dengan adanya revisi tersebut masing-masing pemdes bisa melaksanakan sesuai aturan,” tandasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment