Share

Budidaya Lele di Ring 1 Lapangan Sukowati Dukung Bojonegoro Sebagai Lumbung Pangan

Bojonegoro (Media Center) – Warga Dusun Plosolanang, Desa Campurejo, Kecamatan Kota Bojonegoro mulai Memulai budidaya lele di awal tahun 2015 lalu, kini mulai menikmati hasil panen lele pertama. Warga yang berada di ring 1 pengeboran migas lapangan Sukowati ini mulai budidaya lele dengan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari operator lapangan Blok Sukowati, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ).

“Setelah mengajukan program budi daya lele, pada Januari 2015 lalu oleh operator langsung disetujui dan diberikan dalam bentuk bibit ikan lele,” ujar M. Ali Safi’i, warga penerima CSR.

Meski pada awalnya dia mengalami kesulitan dalam mengelola budi daya lele, itu karena pengalaman yang dimiliki masih minim. Setelah mengikuti beberapa kali pelatihan dia mulai mengembangkan program tersebut.

Awalnya, bantuan yang diberikan adalah bibit lele sebanyak 20.000 bibit. Seiring berjalannya waktu, budidaya lele ini berjalan lancar setelah menguasai permasalahan dalam pengelolaannya. Dari tiga kolam sekarang berkembang menjadi 11 kolam. Setiap kolam diisi sebanyak 1.500 sampai 2.000 ekor.

Safi’i mengaku, dengan usaha budi daya lele ini, dia sudah bisa mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat sekitar migas Blok Sukowati. Tak hanya di desanya, Safi’i bersama saudaranya, Mashuri telah mengembangkan budi daya lele didesa lain seperti Desa Mlaten yang masih masuk wilayah Blok Sukowati.

Sementara, Publik and Goverment, JOB P-PEJ, Trisunu mengatakan, setelah berjalannya budi daya lele ini, program CSR yang nantinya akan diberikan dalam bentuk pelatihan dan kebutuhan alat untuk mengelola pangan lele.

“Setelah ini kita tinggal memeberi fasilitas pelatihan dan alat pembuat pakan lele,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya sangat mendukung dengan kreatifitas pemuda disekitar wilayah operasi. Selain untuk menyejahterakan ekonomi kerakyatan, program tersebut juga sesuai dengan program pemerintah Kabupaten Bojonegoro sebagai Lumbung Pangan dan Energi Negeri. (lya/*acw)

Leave a Comment