Share

Budidaya Lele, Kaya Protein dan Menguntungkan

di wilayah Kecamatan Baureno jumlah pasokan ikan lele masih sedikit, sehingga untuk memenuhi kebutuhan harus mendatangkan dari luar Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Di Desa Duyungan, Kecamatan Balen Bojonegoro Jawa Timur, budidaya lele berkembang dengan sangat pesat. Selain pesat, budidaya ikan air tawar tersebut juga telah memberikan kontribusi pembangunan ekonomi di tempat itu.

Dalam waktu 2,5 bulan lele yang ditabur sudah bisa dipanen dengan keuntungan setiap kilogramnya mencapai Rp4000. “Yang lebih menjanjikan, kebutuhan lele ini di pasar Bojonegoro sangat prospektif,” kata Bupati Bojonegoro, Drs H Suyoto MSi, saat melaksanakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Desa Duyungan Kecamatan Sukosewu, Rabu (18/6).

Suyoto yang biasa dipanggil Kang Yoto itu mencontohkan, di wilayah Kecamatan Baureno jumlah pasokan ikan lele masih sedikit, sehingga untuk memenuhi kebutuhan harus mendatangkan dari luar Bojonegoro. Hal inilah yang menjadi peluang masyarakat untuk mencukupi kebutuhan lele.

“Apalagi ikan lele ini relatif lebih mudah dan tidak memerlukan penanganan yang khusus,” tegas Kang Yoto. Untuk melakukan budidaya lele, cukup menyediakan kolam ukuran 4×4 meter namun sudah dapat menghasilkan keuntungan Rp8 juta dalam satu kali musim panen.

“Bisa dibayangkan jika sektor perikanan ini digerakkan maka akan mempunyai resonansi pada bidang lainnya yakni tumbuhnya sektor rumah tangga dan industri kecil pengolahan ikan, rumah makan maupun lainnya disisi lain juga meningkatkan konsumsi ikan masyarakat,” ujar Kangyoto mengungkapkan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro, Subekti dalam laporannya menjelaskan, bahwa gemarikan ini dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Bojonegoro. Selain itu mengenalkan pentingnya manfaat konsumsi ikan khususnya kepada generasi muda Bojonegoro untuk mendukung kecerdasan mereka.

“Karena ikan memiliki protein tinggi,” tegas Subekti.

Pada lomba ini dilaksanakan kegiatan lain dalam rangka memeriahkan diantaranya lomba memasak ikan yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Bojonegoro. Lomba mewarnai dan melukis tingkat TK dan SD sekecamatan Sukosewu, selain itu dongeng dan sosialisasi manfaat mengkonsumsi ikan kepada pelajar di Kecamatan Sukosewu.(*/hms/numcb)

2 Comments on this Post

  1. Anonymous

    untuk pengajuan dari setiap kelurahan untuk bibit lele dari dinas perikanan harus d realisasikan ke pedesaan biar tahu semua

    Reply
  2. gmana untuk kelurahan kami untuk pengajuan budi daya lele di pedesaan kami apakah ada dukungannya demi kemajuan SDM masyarakat setempat agar lebih maju

    Reply

Leave a Comment