Share

Bukit Wonocolo Sebagai Tempat Berkumpul dan Belajar

setelah resmi menjadi aset Pemkab, tempat tersebut akan dikembangkan menjadi tempat umum, yakni sebagai salah satu lokasi pertemuan dan pembelajaran bagi pelajar dan masyarakat. “Akan kita renovasi dan ditambahi berbagai fasilitas, saya senang dengan lokasi disini,” tambahnya

Bojonegoro (Media Center) – “Dengan demikian, tempat ini akan menjadi titik ke 63 se Indonesia yang resmi sebagai lokasi rukyat al hilal,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro, Jawa Timur. Hal itu dikatakan setelah pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, menyatakan akan membeli lokasi yang terletak di Bukit Wonocolo, Kecamatan Kedewan tersebut.

Bukit Wonocolo merupakan lokasi yang selalu digunakan untuk melihat bulan guna menentukan awal ramadhan dan jatuhnya hari raya idul fitri. Pada tahun 2014 ini, Pemkab telah melakukan negoisasi dengan pemilik lokasi yang memang berniat menjualnya.

Menurut warga setempat, rumah tersebut memang telah lama kosong, pemiliknya hanya datang menjelang ramadhan dan hari raya, itupun karena untuk melayani permintaan dari Kemenag Bojonegoro yang hendak melakukan rukyat al hilal di tempat tersebut.

“Saat ini sedang memasuki tahap penghitungan, kalau hasilnya cocok dengan harga yang ditawarkan, akan langsung kita beli,” kata Drs H Suyoto MSi (Kang Yoto), Bupati Bojonegoro. Dalam tahapan tersebut, pihak Pemkab telah bertemu langsung dengan pemiliknya. Apabila ternyata masih harus disesuaikan, maka akan dilakukan negoisasi mengenai harganya.

Disebutkan, setelah resmi menjadi aset Pemkab, tempat tersebut akan dikembangkan menjadi tempat umum, yakni sebagai salah satu lokasi pertemuan dan pembelajaran bagi pelajar dan masyarakat. “Akan kita renovasi dan ditambahi berbagai fasilitas, saya senang dengan lokasi disini,” tambahnya.

Selama ini, lokasi di Bukit Wonocolo tersebut, masih menggunakan sistem sewa setiap jelang ramadhan dan lebaran. Dengan pemandangan yang cukup luas ke arah hilal dan ketinggian yang cukup serta berada di tepi jalan, membuat Bukit Wonocolo ini sangat representatif untuk menjadi lokasi rukyat al hilal setiap tahunnya. (*/lyamcb)

Leave a Comment