Share

BUMDes di Bojonegoro Kembangkan Budidaya Ayam Petelur

Bojonegoro, Media Center – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Bojonegoro, kian inovatif. Lembaga usaha plat merah itu mulai mengembangkan usaha untuk membantu meningkatkan pendapatan desa dan masyarakat.

Seperti yang dilakukan BUMDes Cakra Mandiri Desa Kacangan, Kecamatan Tambakrejo, dalam mengembangkan budidaya ayam petelur. Pengembangan budidaya ini mendapat dukungan penuh dari Operator Lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB), Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC).

Kepala Desa Kacangan, M. Aziz Ghozali, berharap program budidaya ayam petelur ini dapat meningkatkan pendapatan BUMDes sehingga bisa memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Kalau PADes Desa Kacangan nanti bertambah, maka akan digunakan untuk membuat program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya di sela-sela Grup Diskusi Terfokus, Kamis (31/10/2019).

JTB Site Office & PGA Manager PEPC, Kunadi menambahkan, sebelum program dilaksanakan telah dilakukan survey dan meningkatkan kapasitas BUMDes Cakra Mandiri.

“Kami berharap, kedepannya BUMDes Cakra Mandiri dapat berhasil dan berkelanjutan seperti BUMDes di sekitar lokasi Proyek JTB,” tegas Kunadi.

Sebelumnya, BUMDes dua desa yakni Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, dan Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, telah berhasil mengembangkan budidaya ayam petelur.(Dwi)

Leave a Comment