Share

Bupati Anna : LMDH Harus Dukung BUMDes Berbasis Agrowisata

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah meminta agar lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) mampu mengembangkan sesuatu yang produktif guna mendukung program – program pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten.

Permintaan Bu Anna, sapaan akrabnya, ini untuk mendukung program Pemkab Bojonegoro yakni penyertaan modal ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berbasis Agrowisata.

“Saya harapkan LMDH bisa terlibat di dalamnya. Juga perlu pendirian koperasi berbasis LMDH, dikarenakan selama ini masih belum ada,” ujar Bu Anna saat pembinaan LMDH KPH Bojonegoro, Padangan, Cepu, Jatirogo, Parengan di Aula Taman Tirtawana Dander, (28/02/2019).

Mantan politisi senayan itu berpesan agar LMDH ikut menyukseskan dan memdukung program pemerintah pusat seperti Pendaftaran Tanah Sertipikat Lengkap (PTSL).

“Program ini dapat meningkatkan harga tanah sehingga dapat mendorong perkembangan ekonomi masyarakat,” tegas Bu Anna.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Faisol Ahmadi, menambahkan, LMDH mempunyai peran penting di masyarakat lingkungan sekitar hutan. Untuk itu diperlukan adanya legal standing atau pengakuan secara hukum meberadaan kelembagaan LMDH di tengah-tengah masyarakat.

“Sehingga nantinya LMDH dapat menjadi bagian dari kelembagaaan yang ada di pemerintah desa, yang kelembagaannya diatur dengan peraturan desa,” harapnya.

Hadir dalam acara tersebut ADM Parengan Badarudin Amin, ADM Padangan Sutopo dan perwakilan dari Bojonegoro Jatirogo dan Cepu.(Dwi/*MCB)

Leave a Comment