Share

Bupati Anna Serahkan 3.313 Sertifikat Tanah kepada Warga

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyerahkan sertifikat hak atas tanah milik warga dan lembaga di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, Rabu (23/9/2020). Sebanyak 3.313 sertifikat diserahkan kepada penerima berupa sertifikat aset, sertifikat Kementerian Pertanahan, sertifikat Kementerian Keuangan aset pengeboran minyak, sertifikat tanah wakaf untuk mushola dan sertifikat tanah kas desa.

Di Kabupaten Bojonegoro, tercatat sebanyak kurang lebih 750.733 bidang tanah dan sebanyak 512.133 bidang tanah telah dituntaskan, tersisa 209.600 bidang tanah dalam proses penyelesaian. Pada kegiatan ini, sebanyak 3313 sertifikat bidang tanah diserahkan kepada sejumlah penerima.

Acara dihadiri Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur, Ir.Jonahar, M.Ec.Dev beserta Ibu, Kepala Kantor Pertanahan Kota Surabaya 2, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bojonegoro, OPD Pemkab Bojonegoro, Dandim 0813 Bojonegoro dan Wakapolres Bojonegoro.

Kepala Kantor Pertanahan Bojonegoro, Yeri Agung Nugroho, SH, M.Si, menyampaikan berbagai kemudahan jika pemilik tanah mempunyai sertifikat hak tanah miliknya. Bagi masyarakat yang belum memiliki sertifikat diharapkan segera mengurus Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor Pertanahan setempat.

“Karena sertifikat tersebut mempunyai kekuatan hukum yang nantinya akan berguna bagi pemilik tanah itu sendiri.” tuturnya.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menuturkan pengurusan sertifikat tanah ini akan terus dilaksanakan sampai tuntas, hingga kini angka keberhasilan rata-rata naik 200-250%. Data ini sudah naik yang sebelumnya hanya ditarget 125%.

Bupati menambahkan bagi masyarakat kurang mampu bisa mengajukan keringanan pajak tanah kepada pihak yang berwenang. “Hal ini kami lakukan sesuai dengan program Presiden Joko Widodo, hak masyarakat harus diberikan dan dikuatkan sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya.(NN)

Leave a Comment