Share

Bupati Awali Safari Ramadhan di Kasiman

Bojonegoro (Media Canter) – Seperti Ramadan tahun sebelumnya, Bupati Suyoto dan Wakil Bupati Setyo Hartono di damping istri kembali melakukan kegiatan Safari Ramadhan di sejumlah wilayah di Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan tersebut di awali di Desa Besah, Kecamatan Kasiman, Selasa (23/6) sore kemarin.

Kegiatan Safari Ramadhan juga diikuti jajaran Muspida dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro.  Setiba dilokasi Rombongan langsung melakukan  anjangsana di rumah-rumah anak yatim dan janda serta keluarga fakir miskin di Desa Besah.

Pada kesempatan itu, Kang Yoto bersama Ibu Hj Mahfudhoh Suyoto memberikan santunan ke beberapa anak yatim. Tidak hanya itu, mereka juga memanatu keadaan anak-anak usia sekolah yang belum berkesempatan sekolah.

Seusai anjangsana, rombongan Bupati dan Wakil Bupati beserta ibu dan Muspida berkenan menyerahkan 30 paket sembako kepada kaum dhuafa usia lanjut. Bantuan paket sembako berisi beras, minyak goreng, kecap, teh dan kopi.

Dari hasil anjangsana yang dilakukan Kang Yoto, kebanyakan anak-anak yatim tersebut orang tuanya meninggal diusia yang terbilang muda yakni usia 30-40 tahun dengan berbagai macam penyakit kebanyakan komplikasi, liver, tipes dan ada pula yang kanker.

Melihat hal ini Bupati menjelaskan beberapa penyakit tersebut diakibatkan oleh pola hidup tidak sehat. Di antaranya adalah kondisi air bersih yang banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terkontaminasi yakni tidak bersih.

“Harus diingat bahwa air di Bojonegoro kebanyakan mengandung kapur sehingga berdampak pada kesehatan ginjal apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga benar apabila penyakit, komplikasi ginjal menjadi penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat,” pesan bupati dihadapan warganya.

Bupati juga berpesan agar warga tidak buang air besar di sembarang tempat. Karena  membuat air menjadi terkontaminasi.

“Tak kalah pentingnya juga memenuhi gizi keluarga. Itu bisa dilakukan dengan memanfatkan lahan pekarang untuk budidaya tanaman sehat,” ajak Kang Yoto.

Kegiatan safari Ramadhan akan dilakukan dibeberapa lokasi yakni 25 Juni di Kecamatan Balen, 30 juni di Kecamatan Balen. Selanjutnya di Bulan Juli nanti Safari Ramadhan nanti akan dilaksanakan di kecamatan Bubulan pada tanggal 2 juli dan tanggal 7 Juli di Kecamatan Tambakrejo. (dwi/*mcb)

Leave a Comment