Share

Bupati Bojonegoro Ajak Bupati Banyuwangi Petik Jambu Merah

Bojonegoro, 31/7 (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Suyoto menjamu Bupati Banyuwangi, Azwar Anas, dalam sebuah perhelatan santai di Rumah Dinas Bupati Bojonegoro, Minggu 30 Juli 2017. Jamuannya beragam, dari kudapan ringan, seperti emping mlinjo, ketan, getuk hingga jambu merah.
 
Mereka adalah dua pejabat publik yang tersohor di Jawa Timur dan bertemu dalam sebuah acara di Bojonegoro. Azwar Anas mengaku kunjungan ini bagian dari silaturahmi balasan. Bupati Suyoto pernah berkunjung ke Banyuwangi, beberapa tahun silam.”Saya lega sudah bersua balik,” ujar Azwar Anas, di Rumah Dinas Bupati Bojonegoro, Minggu 30 Juli 2017.
 
Bupati Suyoto dan Bupati Azwar Anas menggelar dialog terbatas di ruang tamu rumah Dinas Bupati Bojonegoro. Ada beberapa orang hadir di ruang tamu rumah dinas. Di sela-sela perbincangan, Bupati Azwar Anas menyantap getuk singkong dan ketan putih berikut sambal kedelai dicampur kelapa parut khas kudapan Bojonegoro. Kopi hangat dan teh manis, mengantar diskusi keduanya. Gayeng.
 
Azwar Anas menyebut, sosok seperti Bupati Suyoto itu, kenyang dengan pelbagai pengalaman. Dari akademik, birokrasi, dan tentu saja faham terhadap politik. Azwar Anas juga memuji keberadaan koleganya itu memimpin dan menjadi Bupati Bojonegoro selama dua periode. “Kang Nyoto itu mirip kamus berjalan,” tegasnya.
 
Bupati Suyoto menyatakan, Bupati Azwar Anas, datang jauh-jauh dari Banyuwangi yang terletak di Jawa Timur bagian paling timur. Daerahnya sebuah kawasan yang kaya dengan sumber kekayaan alam pun juga lautan. Sementara Bojonegoro terletak di Jawa Timur bagian paling barat utara. Kang Yoto selalu menyambut kedatangan koleganya itu dari timur jauh. “Dia (Anas) itu, Bupati muda dan enerjik,” tegas salah satu 10 kepala daerah—pilihan terbaik sebuah majalah Mingguan yang terbit di Jakarta ini.
 
Bupati Azwar Anas datang ke Bojonegoro menghadiri sebuah acara pelantikan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama yang didatangi Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa. Tapi, karena punya hubungan kekerabatan yang baik, Azwar Anas menyempatkan mampir menemui Bupati Suyoto.
  
Setelah berbincang sekitar 35 menit lamanya, Azwar berpamitan pulang dan didampingi rimbongannya. Kebetulan, saat pulang rombongan pejabat dari Banyuwangi ini melewati kebun jambu merah yang rimbun ditanam di depan rumah dinas.
 
Bupati Suyoto pun menawari memetik buah berisi warna merah itu dan diberikan Bupati Azwar Anas. Tanpa basa-basi, Bupati Anas langsung menggigit dan menikmati manisnya buah bervitamin C tinggi itu.”Jambu merah Bojonegoro sudah dikirim ke pasar2 modern,” tegasnya.
 
Dia berharap, hubungan dirinya dengan Bupati Banyuwangi terus terjalin dengan baik. Dirinya menyebut, buah di Bojonegoro, seperti jambu merah, salak, dan sebagainya jadi ciri khas pengat ekonomi kerakyatan. “Biar Mas Anas, bisa ketagihan makan buah jambu merah,” imbuhnya.(*/mcb)

 

Leave a Comment