Share

Bupati Bojonegoro Ajak Masyarakat Menjaga dan Merawat Sumber Mata Air

Bojonegoro, Media Center – Usai sosialisasi pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah memimpin kerja bakti pembersihan sumber mata air di Desa Kunci, Kecamatan Dander, Selasa (11/8/2020). Kegiatan ini sebagai upaya merawat SDA khususnya Sumber Mata Air yang dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan sektor pertanian.

Hadir dalam kerja bakti Kapolres Bojonegoro AKBP. M Budi Hendrawan, Dandim 0813 Letkol Inf Bambang Hariyanto, Forkopimca dan masyarakat sekitar. Mereka bersama-sama membersihkan area sumber mata air.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Alama (SDA) Bojonegoro, Tedjo Sukmono menyampaikan saat musim penghujan sumber mata air di Desa Kunci memproduksi 1.200ltr/detik dan 600ltr/detik dimusim kemarau. Sumber ini dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan sehari-hari oleh masyarakat dan juga dimanfaatkan untuk pengairan sawah hampir 1.900 hektar.

“Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen kami dalam menjaga dan melestarikan sumber air. Mengingat pentingnya air untuk tingkat produktivitas hasil panen,” ujarnya.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah mengingatkan Desa Kunci adalah daerah yang tiap tahunnya rawan banjir. Sehingga pengelolaan sumber mata air harus maksimal, agar memberikan dampak yang positif.

“Saya meminta untuk pemanfaatan sumber agar dikelola dengan baik. Warga perlu disediakan lokasi di sekitar sumber untuk kebutuhan sehari-hari, seperti tempat untuk mencuci atau mandi,” pesannya.

Bupati perempuan pertama Bojonegoro itu mengajak masyarakat untuk menumbuhkan sikap memiliki terhadap aset ini. Dengan cara gotong royong menjaga kebersihan di area sumber air, baik di alirannya maupun sekitar aliran airnya.

“Kita harapkan seluruh masyarakat bersama-sama saling mengingatkan satu sama lain dan menjaga sumber mata air ini,” tuturnya.(Dwi)

Leave a Comment