Share

Bupati Bojonegoro Akan Asuh Anak Pengungsi Rohingya

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro Suyoto menyatakan akan mengasuh lima hingga 10 anak-anak pengungsi etnis Rohingya, Myanmar, yang kini berada di Aceh Timur, Aceh Utara, dan Kota Langsa. Alasan mengasuh para pengungsi, lebih karena persoalan kemanusiaan.

”Ya, saya ingin mengasuhnya,” ujar Suyoto seperti dikutip Tempo.co, Jumat (22/5) kemarin.

Orang nomor 1 di Bojonegoro ini mengungkapkan, pihaknya telah koordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro. Suyoto juga telah menghubungi beberapa panti asuhan di Bojonegoro yang berniat mengasuh anak-anak pengungsi Rohingya.

Ia juga menawarkan pada beberapa orang di Bojonegoro untuk menjadi oarngtua asuh bagi anak-anak pengungsi Rohingya yang saat ini berada di beberapa tempat di Aceh. Sebagai langkah awal, nantinya pihak Bojonegoro akan menghubungi Pemerintah Provinsi Aceh, selanjutnya akan ada upaya lanjutan dengan mengunjungi para pengungsi tersebut.

Bahkan, kabar terakhir, telah ada panti asuhan di Bojonegoro yang menyatakan siap menampung anak pengungsi Rohingya. Bahkan, Abdul Wahid, Ketua Panti Asuhan Muhammadiyah Bojonegoro telah ada konfirmasi dengan Pemkab Bojonegoro terkait pola asuh anak rohingya.

Berdasarkan data yang dimiliki pemerintah Aceh, saat ini terdapat 1.704 pengungsi Rohingya dan Bangladesh di Aceh. Mereka ditampung di tiga tempat, yakni Kabupaten Aceh Utara, Kota Langsa, dan Kabupaten Aceh Timur.(**mcb)

Leave a Comment