Share

Bupati Bojonegoro Sosialisasikan Program Petani Mandiri di Wiwit Tanam Jagung

Bojonegoro, Media Center – Berbagai inovasi dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian petani di wilayahnya. Salah satunya menggulirkan program petani mandiri.

Program yang menjadi salah satu 17 prioritas Bupati Bojonegoro Anna Muawanah itu, kembali disosialisasikan kepada petani Desa Pragelan, Kecamatan Gondang, Selasa (26/11/2019), di Lapangan Sepakbola desa setempat. Sosialisasi dilaksanakan Dinas Pertanian yang dirangkai dengan acara Turun Siti (Wiwit tanam jagung) yang merupakan budaya tradisi turun temurun masyarakat Jawa.

Turut hadir Bupati Bojonegoro, Kepala Dinas Pertanian Helmi Elizabeth, Forkopimcam Gondang, Kades Se-Kecamatan Gondang, dan Paguyuban Kelompok Tani Kecamatan Gondang.

Kepala Dinas Pertanian Helmi Elizabeth menyampaikan, terselenggaranya acara sosialisasi ini merupakan wujud tindak lanjut keseriusan Pemkab Bojonegoro dalam merealisasikan program prioritas yang sudah diluncurkan di Kecamatan Temayang lewat peluncuran KPM (Kartu Petani Mandiri) pada bulan Juli lalu.

“Program ini akan kita realisasikannya secara bertahap,” tegasnya.

Dijelaskan, Pada tahun 2019 ini, Kecamatan Gondang ada 51 Kelompok Tani, dan yang sudah teralokasikan untuk mendapatkan Program Petani Mandiri baru 7 kelompok.

“Sementara yang lain masih dalam progres,” pungkas wanita yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Sosial Bojonegoro itu.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menambahkan, di wilayah Kecamatan Gondang ini banyak lahan-lahan kosong yang belum termanfaatkan dengan baik oleh warga.
Oleh karena itu, Bu Anna, sapaan akrabnya, mengajak warga setempat untuk manfaatkan lahan-lahan yang kosong itu, dengan menanam tanaman, bisa tanaman polowijo, buah-buahan, ataupun sayuran.

“Ini akan sangat banyak manfaatnya bisa untuk konsumsi, mengurangi pengeluaran kita sehari-hari,” ujar bupati.

Bupati mengungkapkan, kedatangannya di Desa Pragelan ini juga sambil meninjau proses pembangunan jalan. Sekarang ini Kecamatan Gondang sedang dalam proses pengerjaan pembangunan infrastruktur yaitu jalan beton, di tahun 2019 ini totalnya sepanjang 124 km. Sementara tahun 2020 dilanjutkan lagi sepanjang, 173 km.

Ditargetkan semua jalan di Bojonegoro dalam kondisi baik pada 2021. Sehingga pembangunan jalan bisa dilanjutkan ke jalan Desa yang menuju ke Kecamatan.

“Mari kita bersabar, dan mari terus kita bangun kebersamaan ini,” tutur Bupati.

Seusai acara, Bupati Anna Mu’awanah Bojonegoro berkesempatan mengikuti rangkaian acara doa Wiwit tanam jagung yang dilanjut tabur bijih jagung secara tradisional maupun dengan alat modern secara simbolis bersama didampingi Kepala Dispertan, dan Forkopimcam.(Rin/Dwi)

Leave a Comment