Share

Bupati : Itu Sudah Kejahatan Lingkungan

Bupati Bojonegoro, Suyoto mendukung tindakan tegas yang akan dilakukan Satpol PP terhadap penambang pasir ilegal di sepanjang Sungai Bengawan Solo. Alasannya kegiatan yang dilakukan penambang bukan lagi sebuah pelanggaran, melainkan kejahatan lingkungan.

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Suyoto mendukung tindakan tegas yang akan dilakukan Satpol PP terhadap penambang pasir ilegal di sepanjang Sungai Bengawan Solo. Alasannya kegiatan yang dilakukan penambang bukan lagi sebuah pelanggaran, melainkan kejahatan lingkungan.

“Karena yang dilakukan penambang sudah niat ada kesengajaan merusak lingkungan. Kalau pelanggaran mereka tidak tahu atau tidak ada kesengajaan,” tegas Suyoto.

Sesuai hasil pemantauan yang dia lakukan beberapa waktu lalu, penambangan pasir liar menggunakan mekanik telah mengakibatkan kerusakan lingkungan yang cukup parah. Suyoto mengaku, dari penyusurannya di Sungai Bengawan Solo, banyak dijumpai mesin-mesin penyedot pasir di sepanjang bengawan mulai Ngraho hingga Baurno.

“Kemarin saya tanya BLH, katanya, kerusakan lingkungan ini sudah darurat dan harus ditindak tegas,” ujar Suyoto.

Menurut Bupati, Bojonegoro baru saja mendapat penghargaan bidang lingkungan karena dinilai sangat konsen dalam penanganan masalah-masalah lingkungan melalui beberapa kegiatan dan kebijakan.

“Jadi sangat ironis sekali, kita yang sangat peduli dengan lingkungan membiarkan kerusakan lingkungan terus terjadi,” kata Suyoto. (Dwi/**mcb)

Leave a Comment