Share

Bupati Tetapkan Status Kejadian Luar Biasa DBD

Bupati Bojonegoro, Suyoto menetapkan Status Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah Dengue (KLB-DBD) hari ini, Jumat (6/2). Penetapan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Nomor 188/79/KEP/412.11/2015. Data dari Dinas Kesahatan Bojonegoro, hingga saat ini (6/2) jumlah penderita positif DBD di Bojonegoro sebanyak 55 pasien. Pasien penderita DBD dirawat di beberapa rumah sakit dan jumlah pasien terbanyak berjumlah 11 pasien dirawat di RSUD Sumberrejo.

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Suyoto menetapkan Status Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah Dengue (KLB-DBD) hari ini, Jumat (6/2). Penetapan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Nomor 188/79/KEP/412.11/2015. Data dari Dinas Kesahatan Bojonegoro, hingga saat ini (6/2) jumlah penderita positif DBD di Bojonegoro sebanyak 55 pasien. Pasien penderita DBD dirawat di beberapa rumah sakit dan jumlah pasien terbanyak berjumlah 11 pasien dirawat di RSUD Sumberrejo.

“Untuk itu pemerintah harus segera mengambil langkah antisipasi serta penanganan yang serentak, cepat, tepat, akurat dan berkesinambungan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat,” ujar Kang Yoto.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sunhadi mengatakan, wabah demam berdarah melanda di hampir semua kabupaten/kota di Jawa Timur. Walaupun diantara 36 kabupaten/kota di Jawa Timur, Bojonegoro terbilang sangat rendah kasus DBD, namun keadaan ini harus tetap diantisipasi.

“Pada Januari 2015 ini, kasus DBD dua kali lebih banyak dari tahun 2014 lalu,” tegasnya.

Sunhadi menambahkan, pemerintah kabupaten memberikan tambahan biaya penanggulanagan sebesar Rp. 60 juta yang bersumber dari APBD pada pos belanja tak terduga yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dan penyemprotan/fooging fokus DBD.

“Apabila ada pasien yang positip DBD dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kelas III serta puskemas, seluruh biaya ditanggung pemerintah kabupaten,” katanya.

Jangka waktu penanggulangan DBD, lanjut Sunhadi, pemberlakuan status KLB DBD berlaku selama 4 Bulan terhitung mulai bulan Februari sampai dengan Bulan Mei 2015. (**mcb)

Leave a Comment