Share

Campurejo Kembangkan Program KSBP

Bojonegoro (Media Center) – Desa Campurejo, Kecamatan Kapas, Bojonegoro, bertekad menyehatkan masyarakat dan mengambil manfaat secara ekonomis dengan membuat Kebun Sehat Bergizi Posyandu (KSBP) .

Program yang sudah direncanakan oleh Pemerintah Desa tersebut mendapatkan dukungan secara penuh oleh Operator Lapangan Sukowati, Blok Tuban, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEEJ).

Kepala Desa Campurejo, Edi Sampurno, menyampaikan, KSBP ini nantinya akan disebar di bebarap titik lokasi di desa yang masuk Ring 1 Lapangan Migas ini. Diantaranya di setiap sudut sekolah baik  SD dan PAUD, Masjid, sepanjang trotoar desa, Balai Desa, dan lahan-lahan kosong lainnya.

Dia menyampaikan, program KSBP ini akan digerakkan tidak hanya oleh petugas Posyandu saja, tetapi juga Tim PKK setempat untuk mendampingi masyarakat ikut serta mensukseskan KSBP ini.

“Dari tim Posyandu akan memberikan penjelasan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga nama serta manfaat masing-masing jenis tanaman,” lanjutnya.

Dia menyatakan, tanaman yang ada dalam Kebun Sehat Bergizi Posyandu tersebut merupakan tanaman pilihan yang mudah tumbuh dan memiliki nilai jual di pasaran. Sehingga, tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga tetapi juga menjadi komoditas utama.

Terpisah, anggota Tim PKK Desa Campurejo, Puji Lestari, menyampaikan dukungan dengan program KSBP yang dikembangkan saat ini. Karena, banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari KSBP tersebut.

“Kami berharap selain untuk dikonsumsi sendiri juga bisa memberi alternatif produk yang akan dipasarkan serta peluang usaha baru bagi masyarakat dalam bentuk produk olahan pangan,” tandasnya. (rin/*acw)

Leave a Comment