Share

Canangkan Puskesmas Welas Asih di Kalitidu

Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro melakukan pencanangan pelayanan kesehatan welas asih yang dipadukan dengan gerakan seribu jamban dan sebagai Puskesmas inovatif kesehatan jiwa , di Puskesmas Kalitidu, Jumat (30/1/2015).

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro melakukan pencanangan pelayanan kesehatan welas asih yang dipadukan dengan gerakan seribu jamban dan sebagai Puskesmas inovatif kesehatan jiwa , di Puskesmas Kalitidu, Jumat (30/1/2015).

Kepala Dinas Kesehatan, Sunhadi menyampaikan, dalam memberikan Pelayanan Kesehatan Welas Asih ini, Puskesmas Kalitidu  menerapkan nilai nilai welas asih kedalam semua link kehidupan termasuk didalam pelayanan kesehatan.

“Welas Asih dimaksudkan pula sebagai upaya mengembalikan nilai-nilai hakiki hubungan antar manusia tak terkecuali dalam pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya.

Sunhadi menyampaikan, gerakan Welas Asih dilaksanakan dengan dasar tradisi, agama dan etika. Atau dapat dikatakan memperlakukan orang sebagaimana kita ingin diperlakukan.

Dia melanjutkan, didalam menjalankan komitmen terhadap upaya gerakan welas asih ini, Dinas Kesehatan membuat inovasi gerakan seribu jamban.  Yaitu mengupayakan  masyarakat untuk mendapatkan hak nya tinggal dalam lingkungan yang sehat dan bersih.

“Beberapa Puskesmas yang telah mampu mengembangkan inovasi tersebut diantaranya, Puskesmas Kalitidu dengan Pelayanan Kesehatan jiwa, Puskesmas Dander sebagai Puskesmas Santun Lansia, Puskesmas Balen dengan pengembangan UKBM dan Puskesmas Kanor dengan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat,”jelas mantan direktur RSUD Bojonegoro itu.

Selain Puskesmas, lanjut dia, sebanyak 10 Ponkesdes (Pondok Kesehatan Desa) di Kabupaten Bojonegoro sudah berkembang menjadi Ponkesdes Emas. Yaitu Ponkesdes yang mampu mengembangkan pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Pelayanan Kesehatan Dasar dan Mengembangkan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan di desa.

“ Inilah semangat baru bagi insan kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan konsep Welas Asih,” harapnya. (re/**mcb)

Leave a Comment