Share

CAT CPNS Dimulai Hari Ini

Proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memasuki tahap tes yang dilakukan serentak mulai 24 Nopember hingga 1 Desember 2014. Di Kabupaten Bojonegoro tercatat ada 6.149 peserta yang akan mengikuti Computer Assisted Test (CAT) online yang bersain untuk merebutkan 82 kursi kuota CPNS Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memasuki tahap tes yang dilakukan serentak mulai 24 Nopember hingga 1 Desember 2014. Di Kabupaten Bojonegoro tercatat ada 6.149 peserta yang akan mengikuti Computer Assisted Test (CAT) online yang bersain untuk merebutkan 82 kursi kuota CPNS Kabupaten Bojonegoro.

Zainuddin, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bojonegoro mengatakan, kuota yang hanya 82 CPNS ini merupakan ketentuan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Ia juga menambahkan, dengan tes secara online ini untuk meyakinkan masyarakat bahwa tak ada kecurangan.

“Semuanya transparan, bahkan setelah test bisa langsung diketahui nilainya,” imbuhnya.

Test yang digelar di empat titik di Bojonegoro ini berlokasi di SMA Negeri 2 Bojonegoro, SMK Negeri 1 Bojonegoro, SMK Negeri 2 Bojonegoro dan SMK Negeri 3 Bojonegoro yang dilakukan dalam empat sesi setiap harinya.

Sementara untuk batas nilai kelulusan (passing grade) adalah 126 poin untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 75 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 70 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Peserta yang usai menjalani tes bisa langsung melihat perolehan poin dan mengetahui lolos dari passing grade atau tidak.

“Kalau tidak lolos passing grade sudah pasti tidak lolos. Dari keseluruhan yang lolos nanti diambil nilai tertinggi yakni sebanyak 82 orang,” jelas Zainuddin.

Dari jumlah 6.149 peserta yang mengikuti tes di Bojonegoro, ada beberapa peserta yang datang dari berbagai kota/kabupatenm lain seperti Surabaya, Tuban dan sebagaianya. Hal ini lantaran sistem penerimaan CPNS tahun ini secara online dan bisa diakses oleh daerah manapun. “Tenaga kesehatan dan petugas perencana wajib warga Bojonegoro. Selain itu, posisi lainnya bisa diikuti warga dari kota atau kabupaten lain,” imbuhnya.(**mcb)

Leave a Comment