Share

Cegah Covid, 4.500 Vial Vaksin AstraZeneca Sudah Disuntikkan

Bojonegoro – Sebanyak 4.500 vial vaksin jenis AstraZeneca (AZ) telah disuntikkan pada vaksinasi Covid 19 tahap kedua. Penggunaan vaksin AZ ini, tidak menimbulkan efek samping yang cukup serius.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro Wheny Dyah Prajanti mengatakan, penggunaan vaksin AstraZeneca di Bojonegoro sudah dimulai semenjak awal April 2021 lalu.

“Sasaran petugas publik dan lansia, berlangsung dan dilakukan pada fasilitas kesehatan di Bojonegoro,” ungkap Wheny Dyah.

Perlu diketahui, vaksin AstraZeneca yang telah disuntikkan kepada masyarakat ini tidak menimbulkan efek samping yang cukup serius. Menurutnya, efeknya masih sama seperti vaksin merk Sinovac.

“Efeknya masih bersifat umum seperti demam, mual dan nyeri otot. Itupun tidak banyak,” imbuhnya.

Whenny juga menjelaskan, meskipun vaksin jenis AZ atau AstraZeneca saat digunakan tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan seperti pada vaksin SV atau Sinovac. Namun, penggunaan vaksin ini memiliki masa interval yang berbeda yakni 12 hari.

Sedangkan alur vaksinasi masih tetap menggunakan 2 meja, yakni melalui proses pendaftaran, screening, pemberian vaksinasi bahkan hingga observasi untuk mengetahui Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“Untuk seluruh proses sama. Hanya yang berbeda interval dosis pertama dan kedua. AstraZeneca ini 12 hari,” tandasnya.

Leave a Comment