Share

Cegah Genangan di Kota, DKP Lakukan Pembersihan Saluran Air

Wilayah Kecamatan Bojonegoro kota sering mengalami banjir saat intensitas hujan lebat lebih dari dua jam. Hal ini disebabkan berbagai faktor mulai dari ketinggian wilayah Bojonegoro yang membentuk cekungan dan faktor volume air yang terlalu besar.

Bojonegoro (Media Center) – Wilayah Kecamatan Bojonegoro kota sering mengalami banjir saat intensitas hujan lebat  lebih dari dua jam. Hal ini disebabkan berbagai faktor mulai dari ketinggian wilayah Bojonegoro yang membentuk cekungan dan faktor volume air yang terlalu besar.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Bojonegoro telah melakukan langkah antisipatif dengan melakukan pembersihan gorong-gorong atau saluran air yang berada di wilayah rawan banjir. Tak hanya itu, sebelum musim penghujan tiba, pasukan kebersihan telah menyisir gorong-gorong untuk memeriksa dan membersihkan jika terjadi sumbatan.

“Telah kita lakukan pembersihan di 7 titik rawan banjir, salah satunya di jalan Patimura,” jelas Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Nurul Azizah.

Tak hanya karena kebersihan saluran air yang sering tersumbat sampah, banjir yang menggenang juga disebabkan terlalu banyak antrian air yang masuk ke saluran sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk surut.

Sementara itu, untuk mengurangi genangan saat terjadi banjir akibat hujan deras, pompa air di beberapa pintu air di seputar kota diaktifkan. Beberapa waktu lalu, untuk menyedot genangan air yang mencapai 800 ribu meter kubik diperlukan waktu sekitar 12 jam sampai seluruh wilayah yang tergenang di Kecamatan Bojonegoro surut. (lya/*acw)

Leave a Comment