Share

Cegah Konvoi, Pengumuman Kelulusan Diserahkan Pada Sekolah

Bojonegoro (Media Center) – Proses Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Atas (SM) dan sederajat kini memasuki tahap koreksi. Rencananya, pada 14 Mei nanti, hasil Ujian Nasional ini telah bisa diambil dan didistribusikan ke masing-masing lembaga penyelenggara UN.

Puji Widodo, Kabid Pendidikan SMP-SMA/SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro menuturkan, pengumuman kelulusan siswa sepenuhnya diserahkan pada kebijakan masing-masing sekolah. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir potensi konvoi dan perayaan kelulusan lainnya yang biasanya dilakukan oleh para siswa.

“Kami anjurkan melalui website sekolah, jadi untuk mengetahui lulus tidaknya, siswa tidak perlu ke sekolah,” lanjut mantan Kepala SMA negeri 1 Bojonegoro ini.

Selain itu, lanjut Puji, hasil Unas ini bukan sebagai tolok ukur kelulusan. Namun, para guru bisa menjadikannya sebagai pertimbangan untuk menentukan lulus tidaknya siswa.

“Meski dinyatakan lulus, jika nilai UN tak memenuhi nilai minimal, pelajar harus mengulang UN tahun depan,” imbuhnya.

Tercatat, UN tingkat SMA dan sederajat di Kabupaten Bojonegoro diikuti sebanyak 14.425 peserta dengan 177 lembaga penyelenggara. (lya/*acw)

Leave a Comment