Share

Daftarakan Perahu Kuno, Tim Cagar Budaya Lengkapi Data

Tim Pendaftaran Cagar Budaya Kabupaten Bojonegoro telah mendata peninggalan-peninggalan sejarah yang akan didaftarakan. Sementara ini, tim dibawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro ini mengajukan perahu besi di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam untuk didaftarakan.

Bojonegoro (Media Center) – Tim Pendaftaran Cagar Budaya Kabupaten Bojonegoro telah mendata peninggalan-peninggalan sejarah yang akan didaftarakan. Sementara ini, tim dibawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro ini mengajukan perahu besi di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam untuk didaftarakan.

Hal ini diakui Nunung Dianawati, salah satu anggota tim Pendaftaran Cagar Budaya. Ia mengaku, peninggalan berupa perahu besi yang ditemukan di Sungai Bengawan Solo ini harus secepatnya didaftarakan sebagai cagar budaya agar bisa dirawat dan dikelola secara layak.

“Jangan sampai nasibnya seperti perahu kuno yang ditemukan di Kecamatan Trucuk yang rusak karena salah perawatan,” ujarnya.

Meski demikian, hingga saat ini tim pendaftaran cagar budaya masih harus melengkapi beberapa data soal perahu ini seperti koordinat lokasi dan lain sebagainya. Tak hanya itu, beberapa peninggalan sejarah sudah dibidik untuk segera didaftarakan sebagai cagar budaya.

“Untuk perahu kita masih harus melengkapi datanya, sementara masih banyak benda lainnya yang akan kami daftarakan secara bertahap,” tambahnya.

Seperti diketahui, temuan perahu besi kuno di sungai Bengawan Solo di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam saat ini dirawat oleh pihak desa. Bahkan, pihak desa melakukan pemugaran lokasi perahu agar perahu tak cepat rusak.(**mcb)

Leave a Comment