Share

Desa Pajeng Tanam Ribuan Pohon Buah

Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, terletak di bagian selatan Kabupaten Bojonegoro. Di desa ini, ada 1,5 hektar lahan yang dijadikan sentra Klengkeng. Yakni di Dusun Dodol dan Pajeng. Jumlah bibit yang ditanam di dusun ini sebanyak 2.500 pohon. Bibit Klengkeng jenis Diamon itu merupakan bantuan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, terletak di bagian selatan Kabupaten Bojonegoro. Di desa ini, ada 1,5 hektar lahan yang dijadikan sentra Klengkeng. Yakni di Dusun Dodol dan Pajeng. Jumlah bibit yang ditanam di dusun ini sebanyak 2.500 pohon. Bibit Klengkeng jenis Diamon itu merupakan bantuan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bojonegoro.

Sebelumnya, tahun 2012 silam, Desa Pajeng juga telah memperoleh bantuan bibit Klengkeng sebanyaak 3000 pohon dari Bank Jatim. Ribuan pohon itu sekarang ini juga sudah banyak berbuah, namun sebagian besar tak terawat dengan baik karena kurangnya pemahaman warga dalam merawatnya.

“Padahal bila dipupuk secara rutin setiap pohon bisa panen dua kali setahun. Setiap pohon bisa menghasilkan lima kilo gram setiap panen,” kata Kepala Desa Pajeng, Dedy Kristiawan.

Selain Klengkeng, Desa Pajeng sekarang ini juga tengah membudidayakan tanaman Alpukat. Ada sebanyak 2500 pohon Alpukat yang siap ditanam di tiga tempat di wilayah setempat. Yakni di sumber mata air obalan, Dam Plumpang dan Dusun Dodol.

Tak hanya itu. Tanaman pisang Susun Bintik juga tengah dikembangkan warga Pajeng sejak 2012 lalu sampai sekarang. Jumlah pohon pisang yang ditanam ditanah pekrang warga hingga saat ini telah mencapai 1000 lebih.

“Dengan tanaman produktif seperti ini akan dapat menambah pendapatan dan ekonomi warga,” tegas Dedy.(**mcb)

Leave a Comment