Share

Desa Ring 1 Blok Tuban Segera Bangun Pasar Desa

Bojonegoro (Media Center) – Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Bojonegoro, segera membangun pasar desa di atas lahan Tanah Kas Desa seluas 26.000 Meter Persegi yang telah direncanakan sejak 2014 lalu. Pasar desa ini diharapkan mampu menciptakan peluang usaha bagi masyarakat ring 1 pengeboran migas lapangan Sukowati, Blok Tuban.

“Karena kita selamanya tidak bisa mengandalkan hasil pengeboran ini sebagai mata pencaharian. Sehingga, apabila tidak ada lagi tenaga kerja lokal yang dibutuhkan mereka bisa mandiri dengan berwirausaha,” jelas Kepala Desa Ngampel, Pujianto.

Dia mengatakan, lokasi TKD yang saat ini merupakan tanah pertanian non produktif hampir sebagian besar ditempati oleh pedagang-pedagang kaki lima dengan membangun kios. Padahal,  masa sewa telah berakhir sejak pertengahan 2014 lalu dan belum ada perpanjangan sampai sekarang.

“Nanti kalau pasar desa sudah dibangun, kami akan meminta mereka membongkar sendiri kiosnya. Dan bisa memanfaatkan pasar desa Ngampel untuk jualan,” terangnya.

Kakek satu cucu ini menyampaikan, proses pasar desa sudah sampai pada tahap koordinasi terkait bentuk kerjasama antara pemdes dengan investor, penunjukan investor, dan design pasar serta pengelolaan sampah. Pembangunan pasar desa yang rencananya bertempat di jalan Veteran dan jalan Pemuda itu juga telah mendapatkan ijin dari Bappeda.

“Dari Bappeda sudah dapat ijin, karena lahan yang akan kami pakai bukan termasuk wilayah lahan pertanian pangan berkelanjutan atau LP2B,” tukasnya.

Sementara itu, Nyasiman, (40), warga setempat mengungkapkan, rencana pembangunan pasar desa diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga Ngampel. Selama ini mereka hanya bergantung pada hasil pertanian yang kini semakin menyusut akibat pengambangan lapangan migas.

“Kami berharap, sewa bidak di pasar desa nantinya tidak mahal dan nilainya terjangkau,” harapnya. (rin/*acw)

Leave a Comment