Share

Desain Mas Nonok Jadi Logo Resmi HJB ke-341

Bojonegoro, 22/9 (Media Center) – Jelang rangkaian acara peringatan hari jadi Bojonegoro (HJB) ke-341, Pemkab Bojonegoro telah menggelar lomba desain logo HJB 341 sejak 20 Agustus hingga 14 September lalu.

Dalam lomba desain yang mengusung tema “Energi Bagi Semangat Baru” ini, Suparno, warga Desa Pacul, Kecamatan Bojonegoro dinyatakan keluar sebagai pemenang dan hasil karyanya menjadi logo resmi HJB yang ke-341.

Dalam akun facebook miliknya, pria yang akrab disapa Mas Nonok ini menceritakan awal mula proses pembuatan logo ini.

“Awal Proses, sketch pensil di atas kertas waktu ada kegiatan di Bogor, Jawa Barat. Sesampainya di rumah (Bojonegoro) digambar ulang menggunakan Corel Draw X7 membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk penyempurnaan bentuk, pemilihan warna dan juga model font untuk tulisan “Energi Bagi Semangat Baru”, jelasnya dalam sebuah unggahan.

Ia juga menjelaskan pembentukan logo yang terinspirasi dari kahyangan api yang dibuat seperti angka 341 karena Hari Jadi Bojonegoro Tahun 2018 yang ke-341 Tahun. Kayangan Api juga sebagai simbol “Energi Bagi Semangat Baru”.

“Bentuk logo dibuat sederhana, melambangkan kepribadian Wong Bojonegoro seperti Tokoh Masyarakat Mbah Harjo Kardi “Samin” yang hidup penuh kesederhanaan di Desa Jepang, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro,” lanjut pria yang berprofesi sebagai guru Taman Kanak-kanak ini, menjelaskan.

Selanjutnya, untuk pemilihan warna, Mas Nonok mengkombinasikan warna ungu, biru tosca hingga kuning yang tentu memiliki arti tersendiri.

Warna yang dipilih yaitu biru tosca yang memiliki kesan kalem/adem, ungu spiritualitas, merah berani, dan kuning ceria/bahagia. Seperti orang Bojonegoro yang kalem/sopan, selalu taat pada agama, orang Bojonegoro juga berani, dan selalu hidup dalam ceria/bahagia,” pungkasnya.(*lya/mcb)

Leave a Comment