Share

Di Parade Pangan Nusantara, Bojonegoro Juga Jelaskan Potensi Daerah

Bojonegoro sukses menampilkan produk pangan yang menjadi andalan, di antaranya, belimbing, jambu merah, pisang, juga sayur-sayuran.

Bojonegoro (Media Center) – Di ajang Parade Pangan Nusantara 2014, Bojonegoro sukses menampilkan produk pangan yang menjadi andalan, di antaranya, belimbing, jambu merah, pisang, juga sayur-sayuran. Selain itu, juga menampilkan produk pangan olahan, seperti ledre berbagai rasa, sirup jambu, sirup belimbing dan salak.

Menurut Ahmad Jupari, Kepala Dinas Pertanian (Diiperta) Bojonegoro, selain memamerkan produk pangan andalan, pihaknya juga memberikan paparan mengenai potensi berbagai produk pangan pertanian kepada tim penilai, termasuk memberikan strategi rencana pengembangannya untuk menjadikan daerahnya sebagai lumbung pangan nasional.

Ia mencontohkan salah satu strategi pengembangan jambu merah dilakukan dengan alokasi anggaran sebesar Rp6 miliar dari APBD 2014 untuk penyediaan 250 ribu bibit jambu merah dan pengadaan pupuk. Rencananya, bibit jambu merah tersebut akan dibagikan kepada warga secara gratis yang berminat menanam jambu merah di tanahnya sendiri.

“Bojonegoro mantergetkan menjadi lumbung pangan nasional, selain sebagai lumbung energi nasional,” katanya, menegaskan.

Dalam Parade Pangan Nusantara 2014, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, yang menampilkan berbagai produk pangan di daerah setempat keluar sebagai juara I dalam pameran parade pangan Nusantara yang digelar TNI Angkatan Darat dan Pemprov Jatim di Malang, 16-19 Januari.(samcb)

Leave a Comment