Share

Dianggap Mampu Tanggulangi Kemiskinan, Bojonegoro Dinominasikan Pro Poor Award 2014

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dinominasikan sebagai pemerintahan yang peduli pada kemiskinan dalam ajang Pro Poor Award 2014

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dinominasikan sebagai pemerintahan yang peduli pada kemiskinan dalam ajang Pro Poor Award 2014 ini. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Tim Penilai Pro Poor Award, Nurul K dari Badan Perencanaan Pembangunan Masyarakat (Bappemas) Propinsi Jawa Timur di Ruang Batik Madrim, Kantor Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Senin(14/4) kemarin.

Menurut Nurul, Pro Poor award tahun ini merupakan kali keempat sejak digelar pertama kali pada 2009 lalu dan sempat vakum pada tahun 2013. Penghargaan tahun ini akan diserahkan dalam rangkaian Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang akan digelar di Kabupaten Ngawi pada 8 Mei mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Soehadi Moeljono dalam paparannya kepada Tim Penilai Pro Poor Award menjelaskan, bidang pernghargaan karya penanggulangan kemiskinan di Bojonegoro terdiri dari dua bidang. Yakni bidang pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari Anti Poverty Program (APP), fasilitasi manajemen usaha bagi keluarga miskin dan program pavingisasi desa berbasis pemberdayaan masyarakat.

Sementara untuk program unggulan penangulangan kemiskinan di Kabupaten Bojonegoro yang juga merupakan lokasi penilaian di lapangan, yakni paving berbasis masyarakat berlokasi di Desa Palembon, Kecamatan Kanor. Anti Poverty Program (APP) berlokasi di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu. Serta lokasi ketiga adalah fasilitasi usaha keluarga miskin (Kelompok Usaha Bersama) berlokasi di Desa Tejo, Kecamatan Kanor.

Seusai diterima Sekda, rombongan akan langsung melakukan penilaian lapangan di tiga lokasi yakni Kecamatan Kalitidu dan Kecamatan Kanor. Dari 15 anggota Tim Penilai Pro Poor Award ini dibagi dalam empat kelompok yakni dimasing-masing lokasi penilaian dan satu tim melakukan penilaian di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. (*/hms/lyamcb)

Leave a Comment