Share

Diknas Segera Kumpulkan UPTD Validkan Data

Bojonegoro (Media Center) – Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Bupati Bojonegoro menyatakan masih ada sekitar 16.000 anak usia Sekolah Dasar (SD) yang tidak bersekolah maupun putus sekolah. Menanggapi hal ini, pihak Dinas Pendidikan menyebutkan jumlah ini tak sesuai data yang dimiliki.

Puji Widodo, Kabid Pendidikan SMP-SMA/SMK mengatakan, jumlah yang disebutkan oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto bersumber dari data Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk). Jumlah ini, lanjutnya adalah hasil dari jumlah peduduk usia sekolah dasar yang dikurangi jumlah siswa SD yang bersumber dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Kita juga kaget, ternyata ada angka hingga 16.000. Sementara data Dinas Pendidikan hanya ada 10.000,” ujarnya saat dihubungi kanalbojonegoro.com, Rabu (6/5).

Untuk memastikan jumlah ini, Dinas Pendidikan segera akan mengumpulkan petugas di UPTD dan Kepala Sekolah untuk mendata anak putus sekolah maupun anak yang tak bersekolah di wilayahnya. Puji mengatakan, meski dari penghitungan data dari catatan sipil menunjukkan angka 16.000, namun ia optimis jumlah di lapangan tak mencapai jumlah tersebut.

“Jumlah pastinya kan belum valid, makanya minggu depan ditargetkan sudah ada data riilnya,” lanjutnya. (lya/*acw)

Leave a Comment