Share

Dinas ESDM Jatim Kembalikan 23 Berkas SIPA Bojonegoro

Berkas Surat Ijin Pengambilan Air Bawah Tanah (SIPA) yang diajukan beberapa pengusaha dan instansi di Kabupaten Bojonegoro dikembalikan oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. Alasannya, pemerintah provinsi hanya memiliki wewenang memberikan rekomendasi teknis pada cekungan air tanah lintas Kabupaten/Kota seperti yang disebutkan dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur No 12 tahun 2011 tentang pengelolaan air tanah.

Bojonegoro (Media Center) – Berkas Surat Ijin Pengambilan Air Bawah Tanah (SIPA) yang diajukan beberapa pengusaha dan instansi di Kabupaten Bojonegoro dikembalikan oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. Alasannya, pemerintah provinsi hanya memiliki wewenang memberikan rekomendasi teknis pada cekungan air tanah lintas Kabupaten/Kota seperti yang disebutkan dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur No 12 tahun 2011 tentang pengelolaan air tanah.

Padahal, dalam Undang-undang No 23 Tahun 2014 pasal 14 ayat (1) menyebutkan, bahwa kewenangan perizinan air tanah menjadi kewenangan pemerintah provinsi, baik pada cekungan air tanah, dalam Kabupaten/Kotamaupun lintas Kabupaten/Kota. Data yang diperoleh dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Kabupaten Bojonegoro, menyebutkan melalui surat resmi dengan No 546.2/1439/119.4/2014 sebanyak 23 berkas telah dikembalikan kepada Pemerintah Kabupaten setempat.

Surat yang ditandatangani oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur tersebut menegaskan, jika sampai dengan saat ini belum dikeluarkan Petunjuk Pelaksanaan Undang-undang No 23 tahun 2014 baik berupa Peraturan Pemerintah maupun Peraturan Menteri.
Kepala Dinas ESDM Bojonegoro, Agus Supriyanto, menyampaikan, pengembalian tersebut mengecewakan semua pihak. Terutama bagi pihak-pihak yang akan mengajukan ijin maupun perpanjangan SIPA.

“Kami belum tahu apakah perijinan tersebut tetap diproses ditingkat Kabupaten, karena itu ranah Badan Perijinan,”ujar Agus.

Dia menyatakan, ada beberapa ijin baru dan perpanjangan yang seharusnya segera diselesaikan, diantaranya perpanjangan ijin SIPA dari berbagai instansi seperti Rumah Sakit, Hotel, Restaurant hingga untuk kepentingan industri migas.(**mcb)

Leave a Comment